Sukses

90 Tahun Beroperasi, Pondok Safari Tempat Menginap Ratu Elizabeth II di Kenya Ditutup Akibat Pandemi

Pondok tertua di Kenya itu menjadi tempat menginap favorit Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Kenya.

Liputan6.com, Jakarta - Pondok safari tertua di Kenya, Treetops, terpaksa ditutup karena terdampak pandemi. Pondok yang berupa rumah pohon rumit di tepi lubang berair di Taman Nasional Aberdare itu sudah beroperasi selama 90 tahun sebelum ditutup.

Tempat tersebut jadi saksi bisu terkenal bagi Ratu Elizabeth II dengan sebutan 'naik pohon sebagai Putri dan turun sebagai Ratu.' Di situ pula sang ratu menerima kabar kematian sang ayah, Raja George VI. 

Properti itu sempat rusak karena dibakar gerilyawan. Tetapi ketika Ratu dan Pangeran Philip tinggal, akomodasi mereka sudah berubah menjadi pondok dengan tiga kamar tidur yang nyaman, dibangun di cabang atas pohon ara raksasa.

Pondok itu adalah salah satu dari beberapa korban pandemi di Kenya di mana pendapatan turis turun 90 persen karena pembatasan perjalanan, menurut The Kenya Wildlife Service.

Elizabeth awalnya tidak ditakdirkan untuk menjadi Ratu. Namun, ia menjadi pewaris setelah ayahnya, Raja George VI, naik takhta setelah pengunduran diri kakak laki-lakinya, Raja Edward VIII.

Edward telah menyerahkan takhta untuk menikahi janda cerai Amerika Wallis Simpson. Keputusannyamenikahi seorang wanita yang telah berpisah dari suaminya dianggap tidak sesuai dengan perannya sebagai kepala Gereja Inggris.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Naik dan Turun dari Pohon

Pada sore hari sebelum mendengar berita kematian Raja George VI, Putri Elizabeth menghabiskan hari itu dengan kameranya. Ia memotret badak yang sedang menyerang dan seekor waterbuck menanduk saingannya sampai mati dari tempat yang strategis.

Jim Corbett, pengawal Ratu, dipanggil untuk minum teh. Sang putri meminta untuk membawanya ke balkon. Dalam buku catatan Treetops, Corbett menulis, "Untuk pertama kalinya dalam sejarah dunia, seorang gadis muda naik ke pohon sebagai seorang putri dan turun sebagai seorang ratu."

Pondok itu berdiri atas inisiatif Eric Walker dan istrinya Lady Bettie, putri Earl of Denbigh. Walker merupakan sekretaris pribadi Baden-Powell, pendiri gerakan pramuka di dunia, sebelum Perang Dunia terjadi.

Ia tertembak ketika berdinas di Royal Flying Corps dan ditangkap. Namun, ia berhasil melarikan diri dari kamp penjara berkat sepasang pemotong kawat yang disembunyikan Baden-Powell di dalam hadiah ham.

Ingin mendapatkan uang untuk menikahi Lady Bettie, ia kemudian berjalan melintasi Jerman ke perbatasan Belanda, mengangkut empat muatan minuman keras ke Amerika Serikat. Namun, surat perintah penangkapannya dikeluarkan ketika seorang polisi negara bagian yang korup menemukan dirinya terluka, menyebabkan Walker melarikan diri ke Kanada.

3 dari 4 halaman

Jalan Hutan

Di sana, dia menikahi Lady Bettie dan kemudian beremigrasi ke Kenya, yang merupakan hotel saudara Treetop, hotel Outspan dibangun. The Outspan memainkan perannya sendiri dalam kisah terkenal itu pada 1952. Di situlah, sang ratu menerima kabar kematian ayahnya dari utusan Kerajaan Inggris.

Setelah kunjungan kerajaan ke Treetops, pondok itu dengan cepat menjadi rumah pohon paling terkenal di dunia. Tempat itu dibuat lebih menarik bagi bangsawan - termasuk Putri Anne - berkat aturan ketat yang ditetapkan Walker, seperti tidak ada jurnalis. Ia khawatir terlalu banyak tamu akan menakuti satwa liar, atau sorotan kamera akan mengganggu privasi sang putri.

Treetops yang sudah setahun tidak dikunjungi, juga digunakan oleh tentara kolonial Inggris sebagai markas penembak jitu mereka, tetapi dibakar oleh gerilyawan Mau Mau pada 1954. Sebuah Treetops baru kemudian dibangun. Para tamu bahkan dapat menelusuri kembali jalan hutan yang dibuat Putri Elizabeth pada 1952.

Namun, salah satu dari tiga hotel bersejarah di daerah Nyeri, Kenya, yang terpaksa ditutup karena pandemi. Hotel saudara perempuan Outspan juga telah ditutup dan dilaporkan akan dijual.

4 dari 4 halaman

Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.