Sukses

Bologna, Kota di Italia yang Malah Tidak Kenal Spageti Bolognese

Spageti Bolognese bahkan disebut sebagai "berita hoaks" oleh mantan Wali Kota Bologna.

Liputan6.com, Jakarta - Spageti adalah salah satu kuliner Italia yang mendunia. Hidangan mi ini umumnya disajikan dalam berbagai jenis, dari kering ala aglio olio, sampai dinikmati bersama pilihan saus, seperti carbonara maupun bolognese.

Khusus untuk spageti bolognese, meski sajian ini bisa ditemukan dengan mudah di kota-kota dunia, satu wilayah di negeri asalnya justru "tidak mengenali eksistensinya." Yang dimaksud adalah Bologna, kota di bagian utara Italia.

Alih-alih spageti, mengutip Channel News Asia, Kamis, 14 Oktober 2021, saus daging yang direbus lambat ini digunakan dalam lasagna, kuliner Italia lain yang juga populer. Penduduk lokal percaya bahwa kekayaan rasa saus bolognese harusnya dinikmati dalam tekstur makanan lebih tebal untuk bisa "dihargai sepenuhnya."

Tekstur mi spageti yang cenderung tipis tidak membuat cukup ruang untuk saus tersebut melekat dengan sempurna. Alhasil, saus bercita rasa khas ini hanya akan tersisa di piring, tanpa disadari kekuatannya dalam melengkapi salah satu sajian klasik Italia tersebut.

Pada 2019 lalu, mantan Wali Kota Bologna Virginio Merola bahkan menyebut spageti bolognese sebagai "berita hoaks." Merola sempat meluncurkan kampanye untuk membangun kedasaran bahwa saus bolognese tidak disajikan bersama spageti di negara asalnya.

"Penduduk yang terhormat, saya mengumpulkan foto spageti bolognese dari seluruh dunia sehubungan dengan 'berita hoaks,'" tulis Merola di Twitter. "Yang ini dari London, tolong kirimkan foto temuan kalian. Terima kasih."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spageti Bolognese Sebenarnya Tidak Ada?

Kicauan Merola kala itu mendapat tanggapan dari banyak pengguna di seluruh dunia. Mereka membagikan gambar saus, campuran bumbu, dan hidangan yang berhubungan dengan bolognese.

Mengutip Insider, Merola mengumpulkan semua gambar untuk dipajang dalam pameran di FICO Eataly World di Bologna. "Spageti bolognese sebenarnya tidak ada, namun malah terkenal di seluruh dunia," kata Merola pada media Italia RAI.

"Apa yang kami ingin dunia ketahui adalah Bologna justru menemukan tagliatelle, tortellini, dan lasagna," imbuhnya. Alih-alih "spageti bolognese," apa yang sebenarnya Anda temukan di Italia adalah Ragù alla Bolognese, setara saus berbahan daging di sana.

3 dari 4 halaman

Jajanan Kaki Lima Legendaris

Jarang disajikan dengan spageti, orang Italia cenderung memilih jenis pasta berpermukaan lebih besar untuk menampung saus bolgnese, seperti tagliatelle. Ini juga merupakan salah satu sajian andalan Bologna.

Bologna terletak di kawasan pertanian yang terkenal dengan kualitas dan variasi produk lokalnya. Dari cuka balsamic, keju parmesan, sampai mortadella, semuanya dibuat dengan hati-hati dan jelas ditampilkan di banyak hidangan paling terkenal di kota.

Jajanan kaki lima dan kudapan kota ini sangat legendaris. Salah satunya adalah camilan yang disebut Gnocco Fritto, adonan berukuran besar berisi daging, keju,atau kadang buah-buahan. Semuanya sering kali dinikmati dengan cara dicelupkan ke dalam cappuccino.

4 dari 4 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.