Sukses

Camilan Croffle Murah di Yogyakarta, Ada Topping Durian hingga Rendang

Usahan camilan croffle di salah satu sudut Yogyakarta menawarkan ragam varian topping dengan harga murah.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 tak seketika menghentikan langkah suami istri, Andrean Ganz dan Aya untuk membuka usaha. Hijrah dari ibu kota, pasangan ini lantas menetap di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan memulai bisnis dengan menghadirkan kedai yang menjual croffle, Hey Croffle.

Andrean dan Aya sebelumya pernah berjual durian kupas, namun banting setir membuat croffle setelah camilan ini tengah digandrungi. Aya berkisah, dahulu ia pernah menempuh studi tata boga dengan program studi pastry.

"Jadi aku coba bikin croffle dengan resep dulu aku sekolah. Coba jualan bawa dari rumah cuma 40 boks, tapi kok habis," kata Aya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa, 12 Oktober 2021.

Kedai croffle ini, dikatakan Aya baru saja dibuka pada 18 September 2021. Namun, ia tak menyangka jika animo masyarakat cukup tinggi yang membuat dagangannya ludes terjual.

"Paling banyak itu buat 125 paket dan mengerjakannya sendiri. Aku yang bikin croffle dan suami bantu memotong dan membentuknya," lanjut Aya.

Andrean dan Aya membuka kedai kecil yang berlokasi di Jalan Ringin Raya, Condongcatur, Yogyakarta. Mereka menjual satu boks yang berisi tiga buah croffle.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

Croffle jualan Andrean dan Aya sudah termasuk dengan beragam topping yang ditawarkan. Hey Croffle menyediakan ragam varian topping, mulai dari durian, cokelat, white choco, cappuccino, sweet cheese, matcha, stroberi, rendang, abon sapi, hingga croffiz (croffle pizza).

"Harga satu boks isi tiga croffle Rp12 ribu. Spesial topping seperti garlic cheese, durian, rendang, abon sapi, dan croffiz harganya Rp15 ribu. Tidak ada yang lebih dari Rp15 ribu," tambahnya.

Croffle dengan topping durian disebut Aya jadi yang paling laris manis. Sedangkan, topping garlic cheese turut mengikuti popularitas topping durian, padahal baru dirilis akhir pekan lalu. Menurut Aya, kehadiran topping garlic cheese terinspirasi dari camilan garlic cheese bread yang populer di Korea Selatan.

Selain croffle, usaha pasangan ini juga menghadirkan berbagai varian minuman, seperti sexy strawberry, helo mango, naughty orange, vanilla blue, red velvet, lovely matcha, nasty grape, dan sweet guava. Minuman dijual seharga Rp8 ribu per gelas.

3 dari 4 halaman

Soal Croffle

Aya menjelaskan croffle buatannya renyah di bagian luar, namun lembut di dalam layaknya croissant pada umumnya. "Kalau beneran adonan croissant dibikin croffle jadinya bantet, memang pas bikin khusus croffle dibuat dua lapis," kata Aya.

"Croissant harusnya berlapis-lapis, biar kelihatan teksturnya. Tapi khusus croffle, cukup 2--3 lapisan saja biar enggak bantet," tambahnya.

Aya menyebut baru membuka satu kedai kecil dan belum memiliki cabang. "Banyak yang mau waralaba, cuma kita masih mikir takutnya mengubah rasa. Belum berani banyak bikin. Tapi ada satu teman, kita kasih frozen dough-nya dan mau buku di area selatan (Yogyakarta)" tutupnya.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.