Sukses

YouTuber Kuliner Bagikan Cara Mudah dan Praktis Membuat Tempe di Rumah

Simak cara bikin tempe di rumah yang anti ribet dan anti gagal.

Liputan6.com, Jakarta - Tempe merupakan salah satu bahan makanan di Indonesia yang sangat mudah ditemukan, murah, dan dapat diolah menjadi beragam masakan. Tempe mudah dijumpai di berbagai tempat makan dan termasuk menu favorit banyak orang.

Tempe merupakan salah satu jenis makanan nabati yang mengandung nutrisi tinggi. Bahkan selama ini tempe dikenal sebagai makanan dengan sumber protein tinggi yang dibutuhkan tubuh.

Bukan hanya itu, tempe juga memiliki berbagai kandungan mineral lain seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B6, juga asam folat. Kapang tempe dapat menghasilkan enzim fitase yang akan menguraikan asam fitat (yang mengikat beberapa mineral) menjadi fosfor dan inostol. Dengan terurainya asam fitat, mineral-mineral tertentu seperti zink menjadi lebih tersedia untuk dimanfaatkan tubuh.

Selain dapat ditemukan di pasar, kita juga bisa membuat tempe sendiri di rumah. Cara membuat tempe di rumah pun terbilang tidak terlalu rumit.

Tempe umumya dibuat dari kacang kedelai asli yang lebih sehat terbilang cukup sederhana untuk dipraktikkan di rumah, asalkan semua bahan dan alat sudah lengkap. Pembuatan tempe bahkan cukup dilakukan selama dua hari dengan bahan yang sangat mudah diperoleh dan harganya tentu terjangkau.

Kanal YouTube 'Enny Tangerang' yang biasa membagikan berbagai resep masakan khas Indonesia, juga pernah membagikan cara membuat tempe sendiri di rumah  Dikutip dari akun 'Enny Tangerang', Senin, 11 Oktober 2021, simak cara bikin tempe yang anti ribet dan anti gagal. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan dan Cara Pembuatan

Bahan yang disiapkan:

1 kg kacang kedelai

3 sdm ragi

Plastik cetakan

Daun pisang berbentuk persegi sebagai cetakan.

 

Cara Membuat:

1. Rendam kacang kedelai yang sudah dicuci selama sekitar lima jam

2. Rebus kacang kedelai yang sudah direndam sampai air benar-benar mendidih. Pastikan air menutupi seluruh kedelai.

3. Diamkan kedelai yang telah direbus selama satu malam.

4. Besoknya, cuci kacang kedelai yang sudah didiamkan sampai benar-benar bersih dan terbebas dari busa-busa hasil rebusan. Buang kulit arinya.

5. Rebus kembali kedelai kurang lebih 10 menit sampai benar-benar mendidih.

6. Tiriskan kedelai yang sudah direbus, sambil didinginkan.

7. Tuangkan kedelai yang sudah dikeringkan ke tampah, lalu taburi ragi. Aduk kedelai bersama ragi sampai benar-benar rata.

8. Masukkan kedelai ke dalam plastik sebagai cetakan. Selain itu, bisa juga menggunakan daun pisang.

9. Usai menutup rapat plastik kedelai, tusuk-tusuk bagian permukaannya sebagai jalan udara. Lakukan hal serupa pada tempe bungkus daun pisang

10. Diamkan tempe selama sehari semalam di tempat yang aman.

11. Tempe kedelai sudah jadi dan siap untuk diolah.

3 dari 4 halaman

Selain Kacang Kedelai

Cara pengolahan tempe pun beragam, mulai dari digoreng menggunakan tepung, oseng tempe, sampai sate tempe. Pengolahan tempe sendiri dilakukan melalui proses fermentasi dari kacang kedelai dan ragi.

Oleh karena itu, kunci membuat tempe adalah kesabaran.Meski begitu, membuat tempe di rumah patut dicoba. Selain lebih berhemat, tentu saja tempe buatan sendiri akan lebih terjamin kualitas dan kebersihannya.

Dikutip dari akun Instagram @tempemovement, 2 Juni 2021, dituliskan ada beberapa jenis tempe tradisional yang tidak dibuat dari kedelai, di antaranya tempe koro, tempe melandingan, dan tempe gembus. Ada juga beberapa tempe jenis baru seperti tempe edamame dan tempe garbanzo.

Anda disarankan untuk membuat tempe dari kacang hijau, kacang merah, kacang tamah atau kacang lokal yang ada di daerah Anda. Menurut Driando, kacang yang paling potensial menghasilkan tempe dengan rasa mirip tempe dari kacang kedelai adalah edamame dan kacang lupin.

4 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.