Sukses

Cara Mona Ratuliu Mendidik Anak Jadi Berani dan Percaya Diri, dengan Berbuat Kesalahan

Bagaimana cara Mona Ratuliu dan Indra Brasco mengajarkan sang anak tentang percaya diri dan tanggung jawab?.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan suami istri Mona Ratuliu dan Indra Brasco kian harmonis dan semakin kompak di umur pernikahannya yang sudah terjalin selama 19 tahun lamanya.

Selain keharmonisan rumah tangganya, Mona dan Indra juga banyak memberikan inspirasi kepada warganet soal cara atau gaya parenting mereka terhadap keempat ankanya.

Mona berusaha mendidik anak-anaknya untuk bisa menjadi pribadi yang berani dan selalu tampil percaya diri. Ia ingin anak-anaknya punya karakter tangguh.

"Selain dari prestasi, sebagai orangtua saya percaya bahwa yang terpenting dalam masa pertumbuhan anak adalah menanamkan karakter, seperti pribadi yang berani, rasa percaya diri, baik hati, dan tangguh," ujarnya, dilansir dari Brilio.net, Senin (11/10/2021),

"Penanaman karakter ini akan mendukung keberhasilan anak-anak karena kedepannya mereka dapat menggali kekuatan dari dalam untuk mengembangkan potensi diri masing-masing," lanjut wanita berusia 39 tahun itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesalahan Adalah Hal yang Wajar

Mona mempersilahkan anak-anaknya untuk berbuat kesalahan, dengan tujuan agar sang anak bisa menumbuhkan rasa percaya diri. Dari kesalahan itu, Mona bisa membantu anak nyauntuk bisa menata dan memperbaiki kesalahan dan melakukan sesuatu dengan benar.

"Justru ketika kita mengizinkan mereka melakukan kesalahan-kesalahan, inner strength atau kekuatan dari dalamnya lama-kelamaan muncul karena dia percaya nantinya akan bisa sendiri dan melakukan sesuatu dengan benar," jelasnya.

Bagi Mona, sebuah kesalahan yang anak lakukan itu merupakan bagian dari proses belajar. Seiring berjalannya waktu, dengan terus belajar maka anak-anak dapat melakukan hal yang benar disertai kepercayaan diri yang meningkat.

"Percaya diri itu kan belajarnya tidak hanya berani tampil di depan orang, tapi juga percaya kalau dirinya punya potensi. Kalau sekarang anak masih dalam proses belajar, ya, makanya mungkin belum bisa atau belum paham, tapi kalau belajar terus lama-kelamaan jadi bisa," kata pesinetron dan presenter itu.

3 dari 4 halaman

Ikut Serta dalam Keseharian Anak

Selain menumbuhkan dan mengembangkan rasa percaya diri sang anak, Mona juga berusaha untuk turut terlibat dalam keseharian anak-anaknya, seperti bermain, beljar, atau melakukan aktivitas lainnya.

Beberapa waktu lalu Mona mengunggah dalam Instagram pribadinya, sebuah momen ketika putri sulungnya, Mima melakukan presentasi di depan dirinya dan Indra Brasco. Hal tersebut dilakukan lantaran Mima menginginkan Mona dan Indra membelikannya gawai baru untuk penunjuang aktivitas belajarnya.

Berdasarkan beberapa hal sederhana itulah, cara Mona Ratuliu dan Indra Brasco mendidik sang anak untuk menjadikannya pribadi yang lebih percaya diri dan bertanggung jawab.

 

Penulis : Azarine Natazia

4 dari 4 halaman

Infografis Gim Berbahaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.