Sukses

Kondisi Mengenaskan Kulkas dan Tempat Beras di Rumah yang Ditinggalkan Selama Setahun

Rumah ditinggalkan selama setahun, aroma tidak sedap menyeruak dari kulkas dan dispenser beras.

Liputan6.com, Jakarta - Saat hendak pergi meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama, ada baiknya untuk memperhatikan benda-benda apa saja yang harus diperiksa lebih dulu. Salah satunya kulkas atau lemari es.

Milsanya dengan membersihkan isi kulkas dari bahan yang mudah busuk. Sebabnya, hal-hal tak mengenakkan bisa saja terjadi saat meninggalkan rumah yang masih penuh dengan bahan makanan dalam waktu lama.

Hal itu dialami oleh pemilik akun TikTok @kumiskucenk. Dalam unggahan pada 9 Oktober 2021, seorang wanita ingin menunjukkan kondisi kulkas dan tempat beras yang ia tinggal sangat lama.

Rumah tersebut ternyata ia tinggalkan selama setahun. Saat ditinggalkan, sejumlah bahan makanan masih tersisa di dalam kulkas. Saat ia kembali dan hendak membersihkan rumah itu, suasananya jadi sangat kacau.

Aroma tidak sedap langsung menyeruak dari arah dapur. Ada dua kulkas dan satu dispenser beras yang harus dibersihkan. Berasnya bahkan sudah mencari, berubah warna jadi cokelat dan berbau busuk.

Wanita ini sampai mual karena aromanya. Di dalam kulkas pun aroma yang tercium sangat kuat. Ada madu, kecap, kacang almond, bihun, dan makanan lainnya yang sudah ditinggalkan selama setahun.

Karena tak sanggup membersihkan rumah tanpa memanggil bantuan, akhirnya ia memanggil jasa pembersih rumah. Butuh waktu dua hari untuk membersihkan rumah itu secara keseluruhan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jasa Pembersih Rumah

Kulkas dan dispenser yang sudah berbau tak sedap itu dicuci hingga bersih. Wanita ini mengapresiasi penyedia jasa pembersih rumah yang sanggup mengatasi kekacauan tersebut.

"Kulkas bukan lagi apa apa setelah tau baunya dispenser beras yang masyaAllah hehe," tulis wanita itu. "Hebat banget jasa bersih ini, kuat bgt angkat + nyuciinnya🥲 terimakasih mas dan mbanya👍🏻 btw ini rumah guys bukan kos😭," sambungnya.

Video ini menarik banyak perhatian warganet. Ribuan komentar memenuhi unggahan ini. "Rumah sehari ditinggal aja udah berantakan woy. Apalagi setahun kayak gini," komentar seorang warganet.

"Seharusnya kalau mau pergi lama dikosongin semua isi kulkas sama yang lain-lain," tulis warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, video itu sudah ditonton sebanyak lebih dari 7,6 juta kali dan disukai lebih dari 493 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Dibersihkan Secara Berkala

Kulkas merupakan peralatan rumah tangga yang berfungsi untuk menyimpan makanan agar tetap segar. Namun, jika lemari pendingin tak dibersihkan secara berkala, bisa membuat makanan tidak higienis karena terkontaminasi bakteri.

Setidaknya, Anda perlu membersihkan kulkas sebulan sekali. Langkah tersebut guna mencegah timbulnya bau dan bebas dari bakteri yang bisa menyebabkan makanan basi. Sebelum Anda memulai membersihkan kulkas, keluarkan isi kulkas terlebih dahulu. Hal tersebut berguna untuk memudahkan proses pembersihan.

Setelah mengeluarkan barang penyimpanan, mulailah membersihkan bagian dalam kulkas. Jangan lupa membersihkan bagian luar kulkas agar tampak seperti baru. Caranya dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan sabun lembut dan air, lalu perlahan-lahan membersihkanya.

Untuk eksterior berbahan baja, gunakan semprotan baja tahan karat khusus dan lap searah serat serta keringkan untuk mencegah goresan. Setelah membersihkan semua bagian kulkas, jangan lupa untuk memasang kembali bagian yang dilepas.

4 dari 4 halaman

Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.