Sukses

Wajahnya Tanpa Keriput, Nenek 81 Tahun Bagikan Tips Awet Muda Tanpa Operasi

Wajah nenek 81 tahun ini masih mulus tanpa adanya keriput, apalagi bintik-bintik hitam seperti dialami wanita seumurannya.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang nenek tiba-tiba menjadi perbincangan warganet di TikTok. Ia tampil dalam video yang baru-baru ini diunggah oleh akun @diandramarshas.

Akun tersebut membagikan dua video nenek tersebut yang sedang menyatakan bahwa nenek tersebut rajin memakai perawatan alami dari sejak muda. Selain itu, setelah ada sunscreen, sunblock, atau jenis skincare lainnya, ia juga rajin menggunakannya.

Sunblock atau sunscreen termasuk skincare yang wajib digunakan, agar melindungi sinar ultraviolet dan mencegah penuaan. Nenek tersebut tampak lebih jauh lebih muda dari umurnya saat ini.

Bahkan, saat ditanya apakah pernah pakai perawatan melalui operasi plastik atau benang, ia menyatakan tidak pernah memakai metode itu. Nenek tersebut mengklaim hanya memakai perawatan bermodal skincare yang harganya tentu saja lebih terjangkau daripada operasi kecantikan.

Banyak warganet mengira bahwa usia nenek tersebut baru sekitar 50 tahunan atau 60 tahun. Namun, cucunya dalam video TikTok tersebut menyatakan bahwa neneknya tersebut sudah berusia 81 tahun pada September lalu.

Wajahnya masih terlihat kencang dan cantik. Wajahnya mulus tanpa adanya keriput, apalagi bintik-bintik hitam seperti yang dialami oleh wanita seumurannya.

Saat masih muda, dia sering menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kulitnya. Contohnya, mentimun yang kerap ia gunakan sebagai bahan perawatan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pujian Warganet

Salah satu video yang diunggah pada 6 Oktober 2021 sempat viral dan ditonton lebih dari 2,4 juta kali. Video itu bahkan ditayangkan oleh media di Siakap Keli, sebuah media daring di Malaysia.

Unggahan itu mendapat banyak komentar dan menuai banyak pujian. Warganet banyak yang sangat kagum, karena terbilang sangat jarang wanita lanjut usia tapi tidak memiliki tanda penuaan seperti keriput atau bintik-bintik hitam di wajahnya.

"Pasti neneknya juga pola makannya sehat, dijaga," komentar seorang warganet. "Harus nonton ini tiap pagi, biar gak males pake sunscreen," komentar warganet lainnya. "Alasan aku rajin pake sunscreen 2 ruas jari dan rajin reaply setiap 3 jam sekali," tambah komentar lain membenarkan," timpal warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Foto Keluarga

Setelah ditelusuri lebih lanjut, nenek tersebut tak lain adalah Kusthini Harjono, ibu dari Maia Estianty. Wanita kelahiran 1940 tersebut masih tampak segar dan sehat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh cucunya tersebut.

Sedangkan, pengunggah video itu adalah Diandra Marsha Shafiera, salah seorang keponakan Maia atau sepupu dari Al, El dan Dul. Hal itu terlihat dari beberapa unggahan di media sosialnya.

Salah satunya dalam unggahan Instagram Diandra pada saat Idul Fitri. Ia terlihat berfoto dengan neneknya, Kusthini dan Maia. Foto keluarga besar mereka tampak kompak dan hangat.

4 dari 4 halaman

3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.