Sukses

6 Hal Mudah yang Bisa Kamu Lakuin Supaya Mandiri Secara Finansial

Ketika kamu sudah mencapai kemandirian finansial, kamu boleh banget memberikan penghargaan atas semua usaha yang dilakukan selama ini.

Liputan6.com, Jakarta Masa depan kamu berada di tanganmu sendiri. Orang tua dan mereka yang ada di sekitarmu tugasnya hanya mendukung dan sekadar mengarahkan ke 'jalan yang benar'. 

Ya, kira-kira begitulah jika berbicara tentang finansial. Apalagi untuk mencapai kemandirian finansial yang jelas punya banyak manfaatnya. 

Hal itu memang nggak mudah, tapi baiknya dimulai ketika kamu sudah punya penghasilan atau saat usia 20an. Untuk mencapai kemandirian finansial, tentunya kamu memerlukan beberapa poin pencapaian berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Belajar Alokasi

Poin ini menjadi langkah paling dasar tentang manajemen keuangan. Yup, untuk mencapai kemandirian finansial, kamu perlu belajar mengenai menganggarkan atau alokasi keuangan. 

Mulailah dengan mencatatkan pendapatan masuk dan pengeluaran setiap bulannya. Perhatikan juga saldo di tabungan. Tujuannya agar kamu nggak kebablasan untuk menggunakan uang yang tersisa di tabungan.

3 dari 7 halaman

2. Pilih Jalur Karier

Setelah lulus dari bangku kuliah, saatnya kamu benar-benar memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu. Ada baiknya kamu memilih pekerjaan yang memiliki jenjang karier. 

Dengan adanya jenjang karier, dipastikan ada peningkatan gaji bulananmu. Idealnya, di poin ini kamu memiliki pekerjaan dengan jenjang karier sebelum mencapai usia 35 tahun.

4 dari 7 halaman

3. Pertajam Skill yang Lain

Selain memiliki pekerjaan tetap yang rutin dijalankan, nggak salah kok jika kamu mempertajam skill atau keterampilanmu yang lain. 

Berbisnis alias menjalankan usaha misalnya. Mulailah membangun bisnis yang sesuai passion-mu, agar ketika kamu menjalankan usahamu nggak ada kata bosan, lelah, apalagi mengeluh. 

Nyatanya, mendapatkan uang dari hobi atau passion memang menyenangkan bukan? Yuk, mulai gali potensimu sekarang!

5 dari 7 halaman

4. Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang digunakan untuk keadaan genting dan darurat (emergency). Bisa dibilang, dana darurat yang menjadi dana cadangan sekaligus pondasi dasar perencanaan keuangan. 

Umumnya, dana darurat disimpan di tabungan, deposito, reksa dana, atau produk keuangan lain yang sifatnya likuid, mudah diakses, dan dijamin keamanannya. Untuk nominal dana cadangan ini, disarankan 6-12 kali pengeluaran bulanan. 

6 dari 7 halaman

5. Investasi

Nah setelah kamu sudah merasa aman dengan dana darurat, barulah melangkah ke perencanaan keuangan lain, yaitu investasi.

Misalnya, kamu mau berinvestasi untuk masa depan dengan cara memiliki rumah sendiri. Yup, jenis investasi tersebut bisa banget dilakukan karena yang kita ketahui bersama, harga rumah setiap tahun selalu naik. 

Intinya, investasi menjadi 'kendaraanmu' untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. 

7 dari 7 halaman

6. Bujet Hiburan

Alokasi keuangan berjalan mulus, karier lancar, dana cadangan aman, investasi sesuai harapan. Lalu sekarang apalagi? 

Jika semua hal di atas sudah berjalan, saatnya kamu menikmati hasil jerih payahmu. Poin ini adalah reward yang bisa kamu berikan untuk dirimu sendiri. 

Ketika kamu sudah mencapai kemandirian finansial, kamu boleh banget memberikan penghargaan atas semua usaha yang dilakukan selama ini. 

Misalnya, kamu mau ganti smartphone, mau traveling, beli baju branded yang belum pernah kamu miliki sebelumnya. Semua keinginan kamu bisa banget tercapai dengan Bebas Ribet. 

Nah, untuk memudahkanmu mewujudkan self reward, gunakan aplikasi DANA. Yup, DANA memiliki fitur yang namanya DANA Goals. Ini merupakan fitur yang membantu kamu untuk mewujudkan berbagai target finansialmu, termasuk target berlibur dan lainnya yang bisa dilakukan dengan mudah. 

Kamu tinggal pilih goals apa yang kamu mau. Lalu atur berapa nominal yang dibutuhkan lalu sisihkan uangmu untuk mencapai targetmu. 

Selain DANA Goals, ada kemudahan lain yang bikin hidupnya jadi #BebasDrama. Dengan mengandalkan aplikasi dompet digital DANA, kamu bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah. 

Saat belanja dan lupa bawa ATM, nggak masalah! Kamu bisa bayar pakai saldo DANA atau kartu debit/kredit yang tersimpan di DANA. Mau top up saldo online atau offline juga gampang banget. 

Ditambah lagi, DANA sudah bekerja sama dengan lebih dari 6,3 juta merchant. Jadi, kalau kamu lagi hangout dan mau bayar menu yang kamu pesan, tinggal scan pakai QRIS DANA. 

Gimana, DANA bikin hidupmu lebih praktis kan? Yuk download & pakai DANA sekarang!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini