Sukses

7 Cara Jitu Agar Menjadi Lebih Dewasa dan Bertanggung Jawab

Ada sejumlah cara yang bisa kamu terapkan agar bisa menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab.

Liputan6.com, Jakarta Bertambah dewasa merupakan suatu keharusan bagi setiap individu. Namun kedewasaan tidak hanya dinilai dari bertambahnya usia saja melainkan juga perlu diperjuangkan. Karena kedewasaan merupakan salah satu kunci meraih sukses.

Di usia 20-an, Anda akan masuk di tahap di mana waktu akan terus berjalan dan Anda harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Fokus terhadap apa yang ingin dicapai dan gunakan waktu yang dimiliki untuk selalu produktif.

Mungkin bagi Anda yang baru beranjak  dewasa akan sedikit sulit untuk menjalaninya, tetapi kamu bisa mengikuti beberapa cara ini agar kepribadian diri Anda bisa belajar menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Menentukan Tujuan

Jika Anda tidak tahu apa yang akan Anda tuju untuk kedepannya, bagaimana Anda berencana untuk sampai ke target tujuan? Orang dewasa dan bertanggung jawab akan segera menetapkan tujuan yang jelas.

Penetapan tujuan memungkinkan Anda untuk menargetkan energi anda dan fokus pada aktivitas yang akan membantu mendorong Anda menuju apa yang ingin dicapai.

3 dari 9 halaman

2. Latih Pengendalian Diri

Mempelajari cara mengendalikan tindakan dan emosi adalah tanda sebuah kedewasaan. Ketika Anda membiarkan emosi mengendalikan tindakan pada diri Anda, hal-hal bisa menjadi tidak terkendali dengan cepat. Dengan belajar menganalisis dan mengelola perilaku Anda, mungkin itu bisa sedikit menantang, tetapi transformatif karena bisa saja membuat diri Anda jadi lebih baik.

4 dari 9 halaman

3. Tetap Semangat

Kedewasaan adalah maraton, bukan lari cepat. Untuk menjadi dewasa dan bertanggung jawab membutuhkan komitmen dan ketekunan. Merangkul pertumbuhan diri Anda sendiri akan dapat membantu Anda untuk memberikan motivasi yang dibutuhkan untuk bekerja keras dan mengejar tujuan Anda.

5 dari 9 halaman

4. Hargai Pendapat Orang Lain

Orang memiliki pandangan yang berbeda tentang topik yang berbeda pula. Menghargai keyakinan dan sudut pandang orang lain tanpa menghakimi adalah tanda bahwa Anda sudah memiliki sifat untuk memahami.

Bahkan jika Anda tidak setuju dengan pendapat seseorang, berikan rasa kesopanan untuk terus mendengarkan penyampaiannya, perilaku tersebut menunjukkan bahwa Anda sudah dewasa dan berpikiran terbuka.

6 dari 9 halaman

5. Bangun Kepercayaan Diri Sendiri

Dibutuhkan rasa percaya diri yang kuat untuk mengelola semua bagian yang bergerak menuju kehidupan yang sukses. Jangan pernah meremehkan apa yang Anda bisa, dan cintai diri Anda apa adanya. Cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan diri adalah dengan melakukan hal-hal yang berada di luar zona nyaman Anda.

7 dari 9 halaman

6. Mendengar Lebih Banyak

Kebanyakan orang cenderung memperlakukan percakapan seperti olahraga kompetitif, tetapi pendekatan ini adalah kebalikan dari yang seharusnya Anda ambil. Mendengarkan adalah tanda kedewasaan, karena ketika mendengarkan, Anda mengembangkan pemahaman yang lebih besar.

8 dari 9 halaman

7. Hindari Hal Negatif

Negativitas menciptakan berbagai emosi yang tidak akan membantu anda tumbuh. Orang dewasa dan bertanggung jawab biasanya menunjukkan sisi positif. Kepositifan akan membantu Anda melewati situasi sulit dan mengatasi rintangan yang akan dilemparkan kehidupan kepada Anda.

 

Penulis : Azarine Natazia

9 dari 9 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.