Sukses

Ridwan Kamil Tantang Bima Arya dan Hengky Kurniawan Makan Ulat Sagu

Momen kebersamaan RIdwan Kamil, Bima Arya, dan Hengky Kurniawan kala mereka menyambangi Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta jajarannya bertolak ke Papua akhir pekan lalu, tepat sebelum pembukaan PON XX Papua 2021. Kedatangannya tak lain untuk memenuhi undangan dari kampung adat Yobou Danau Sentani Jayapura. Tetua adatnya adalah alumni STKS Bandung.

Sederet kegiatan saat berada di Papua diabadikan Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya yang terverifikasi. Salah satunya menantang Wali Kota Bogor Bima Arya dan PLT Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan untuk memakan ulat sagu.

Sebelumnya, Ridwan Kamil turut membagikan acara petualangan yang menunjukkan ulat-ulat sagu yang berlindung di pohon sagu diunggahan pada 3 Oktober 2021. Berlanjut pada video kedua, ia membacakan tantangan untuk kedua tokoh tersebut.

Kang Emil, begitu ia akrab disapa, yang saat itu berada di rumah makan, duduk tepat di samping Wali Kota Bogor Bima Arya. Ia lantas membacakan tantangan untuk Bima dan Hengky.

"Boleh saya bacakan surat perintah gubernur, memerintahkan Wali Kota Bogor untuk memakan ulat sagu," ucapnya lantang.

Video lantas menyorot kepada piring putih yang berisi ulat sagu. "Ditelan? Dikunyah?" tanya Ridwan Kamil kepada Bima.

"Karena sudah dapat perintah, apa boleh buat. Tapi barangkali pemimpin harus mencontohkan, Pak Gubernur mendahului," kata Bima yang diiringi gelak tawa orang-orang di sekitarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi Bima

Namun, Kang Emil menegaskan Bima harus mengikuti tantangan itu dahulu. "Siap. Perintah yang kecil yang besar?" tanya Bima. "Yang mana saja," jawab Kang Emil.

Bima pun menggunakan garpu mengambil ulat sagu di piring. "Bismillahirrahmanirrahim," kata Bima sembari memakan ulat sagu.

Wali Kota Bogor tampak mengunyah dan mengangguk-angguk. "Kayak ulat yah?" kata Bima yang kembali diiringi gelak tawa.

Kang Emil lantas ikut pula mengambil ulat sagu dan memakannya. "Iya kayak ulat," katanya.

Tantangan makan ulat sagu juga diberikan kepada Hengky Kurniawan. Ia lantas mengambil dan memakan ulat sagu tersebut.

 
3 dari 4 halaman

Bagikan Kolotok dan Piriwit Manuk

PON XX Papua 2021 jadi momen penting bagi banyak pihak, termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dari Jawa Barat, Kang Emil membawa mainan tradisional untuk anak-anak Papua sebagai cinderamata.

"Memberikan cindera mata permainan anak Kolotok dan Piriwit Manuk dari Jawa Barat kepada anak-anak Papua di Pasar Jayapura," tulis Ridwan Kamil dalam keterangan unggahan pada 3 Oktober 2021.

Anak-anak Papua terlihat antusias menerima cinderamata dari Kang Emil. Beberapa anak tampak langsung meniup piriwit manuk alias peluit burung.

Sebelum dibagikan, Kang Emil sempat memutar-mutar kolotok. "Putar-putar," kata Kang Emil. Bocah berkaus hijau itu lalu memutar kolotok dari Kang Emil itu. "Nah!" serunya.

 
4 dari 4 halaman

Infografis Yuk Kenali 2 Maskot dan Slogan PON XX Papua 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.