Sukses

Implan Otak Diklaim Bantu Atasi Depresi Berat pada Pasien

Seorang perempuan berhasil menjalani implan otak. Ia mengaku sudah tak lagi mengalami depresi.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita yang telah kehabisan semua pilihan lain untuk mengobati depresinya mengklaim hidupnya telah menjadi jauh lebih baik. Kondisinya kian membaik setelah ditanamkan benda seukuran kotak korek api ke dalam tengkoraknya.

Memiliki lubang yang dibor ke tengkorak Anda dan kabel listrik yang terhubung langsung ke otak Anda terdengar seperti proposisi yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Namun bagi Sarah, seorang wanita berusia 36 tahun yang telah berjuang melawan depresi selama bertahun-tahun, itu adalah upaya putus asa untuk kembali ke kehidupan normal, seperti dilansir dari laman Oddity Central, Kamis, 14 Oktober 2021.

Selama bertahun-tahun, dia telah berjuang melawan depresi berat, dan semua perawatan lain, termasuk antidepresan dan terapi kejang listrik pun gagal. Apa pun lebih baik daripada kegelapan yang dia alami, dan mendapatkan implan otak terbukti merupakan taruhan yang bagus karena dia sekarang bebas dari depresi selama lebih dari setahun.

"Saya telah kehabisan semua pilihan pengobatan yang mungkin," kata Sarah kepada BBC. "Kehidupan sehari-hari saya menjadi sangat terbatas. Saya merasa tersiksa setiap hari," imbuhnya.

Ia hampir tidak bergerak atau melakukan apa pun. Ketika ia berada dalam kondisi depresi, yang ia lihat hanyalah apa yang jelek.

Tetapi ketika implan dihidupkan untuk pertama kalinya, semuanya berubah. Semuanya dimulai dengan operasi sepanjang hari yang melibatkan pengeboran lubang ke tengkoraknya melalui kabel listrik yang terhubung langsung ke otaknya. Unit yang berisi baterai dan generator pulsa terselip di tulang, tepat di bawah kulit kepalanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hilangkan Depresi

"Kami menemukan satu lokasi, yaitu area yang disebut ventral striatum, di mana rangsangan secara konsisten menghilangkan perasaan depresinya," kata peneliti Dr. Katherine Scangos. "Dan kami juga menemukan area aktivitas otak di amigdala yang dapat memprediksi kapan gejalanya paling parah."

Implan Sarah secara teknis selalu aktif, tetapi terus-menerus memantau aktivitas otaknya dan hanya mengirimkan impuls listrik ketika ia merasa membutuhkannya. Perempuan itu mengatakan bahwa dia tidak dapat merasakan dorongan itu, tetapi dia biasanya dapat mengatakan bahwa itu terjadi dalam waktu 15 menit, karena itu membuatnya merasa lebih waspada, energik, dan lebih positif.

"Ketika implan pertama kali dihidupkan, hidup saya langsung naik," klaim Sarah. "Hidup saya menyenangkan lagi," imbuhnya.

Sarah mengatakan, dalam beberapa minggu, pikiran untuk bunuh diri menghilang. Perangkat itu telah mencegah depresinya, memungkinkan ia kembali ke dirinya yang terbaik dan membangun kembali kehidupan yang layak untuk dijalani.

3 dari 4 halaman

Orang Pertama

Sarah adalah orang pertama yang pernah dipasangi implan otak semacam ini. Meskipun kasusnya dianggap sukses, itu bukan demonstrasi kemanjuran. Dokter sekarang mencoba merekrut sukarelawan baru untuk prosedur serupa, dengan harapan menemukan pengobatan baru untuk depresi.

"Meskipun prosedur bedah yang sangat invasif semacam ini hanya akan digunakan pada pasien yang paling parah dengan gejala yang sulit diatasi, ini merupakan langkah maju yang menarik karena sifat stimulasi yang dipesan lebih dahulu," kata Prof. Jonathan Roiser, ahli ilmu saraf di University College London.

Sementara itu, BBC melaporkan bahwa para peneliti, dari University of California, San Francisco, menekankan terlalu dini untuk mengatakan apakah itu dapat membantu pasien lain, seperti Sarah, dengan depresi yang sulit diobati. Tetapi, mereka berharap dan merencanakan lebih banyak percobaan.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.