Sukses

Burung Tabrak Pesawat hingga Mesin Terbakar Hebat

Pesawat yang ditabrak burung itu akhirnya batal lepas landas.

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa seekor burung menabrak pesawat terbang kembali terjadi. Kali ini peristiwa nahas tersebut dialami Spirit Airlines saat akan lepas landas di bandara.

Penerbangan Spirit Airlines rencananya meninggalkan Bandara Atlantic City pada Sabtu, 2 Oktober 2021. Pesawat tersebut kemudian dibatalkan terbang, dilansir dari laman Fox News, Senin (4/10/2021).

Para pejabat mengatakan seekor burung besar menabrak salah satu mesin pesawat. Hal itu memicu kebakaran di bagian mesin ketika pesawat akan lepas landas.

Penerbangan 3044 dari Atlantic City, New Jersey ke Fort Lauderdale, Florida terpaksa berhenti setelah berakselerasi di landasan setelah seekor burung besar memasuki salah satu mesin pesawat. Pesawat akhirnya berhenti dan dievakuasi oleh para pejabat.

Penumpang pesawat dikembalikan ke terminal dan penumpang diberikan pengembalian uang penuh. Mereka juga menerima voucher perjalanan dan opsi untuk naik penerbangan lain ke Florida.

"Kami memantau dengan cermat insiden pesawat yang terjadi malam ini di @ACYAirport," kata Gubernur New Jersey Phil Murphy di Twitter pada Sabtu malam, 2 Oktober 2021. "Semua penumpang dan awak berhasil dievakuasi dari pesawat, dan tidak ada cedera serius yang dilaporkan. Bandara telah dibuka kembali."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lepas Landas

Juru bicara Spirit Airlines 3044 dari Atlantic City ke Fort Lauderadale ditabrak burung besar saat sedang lepas landas. Burung tersebut kemudian memasuki salah satu mesin pesawat.

"Kapten mengerem dengan aman dan membawa pesawat berhenti, menerima indikasi kerusakan mesin, dan memerintahkan evakuasi sesuai dengan prosedur standar kami. Semua tamu dan anggota tim mengevakuasi pesawat dan diangkut kembali ke terminal," kata dia.

Pihak maskapai memuji krunya yang menangani kasus tersebut dengan cepat dan aman. "Tamu kami akan menerima pengembalian uang penuh, voucher perjalanan di masa mendatang, dan opsi bepergian ke Fort Lauderdale dengan pesawat lain malam ini," imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Kasus Lain

Kasus pesawat terbang ditabrak burung bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, kasus serupa sempat dialami maskapai penerbangan American Airlines.

Burung besi itu harus kembali ke bandara lantaran mengenai seekor burung hingga merusak kaca depan pesawat, seperti dilansir dari laman Fox News, Rabu, 25 November 2020. Pesawat tersebut rencananya akan terbang dari Chicago O’Hare ke Cleveland.

Namun, akibat peristiwa tersebut, pesawat akhirnya kembali ke bandara. Disebutkan, pesawat mengalami masalah mekanis dengan kaca depannya dan harus kembali ke bandara, setelah tak lama lepas landas

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.