Sukses

Sosok Khaby Lame, Raih Popularitas di TikTok Tanpa Bersuara

Nama Khaby Lame meroket setelah mengunggah konten-konten jenaka, gerakan khas, dan tanpa bersuara yang justru menjadi daya tariknya.

Liputan6.com, Jakarta TikToker Khaby Lame tentu bukan nama asing bagi Anda yang kerap berselancar di jagat maya. Sosok pemilik nama lengkap Khabane Lame ini begitu mencuri atensi lewat konten-konten jenaka yang dibawakan dengan gayanya yang khas, wajah tanpa ekspresi, dan tanpa bersuara.

Dilansir dari CNN, Senin (4/10/2021), jauh sebelum meraih popularitas di TikTok, Khaby adalah salah seorang yang kehilangan pekerjaan di sebuah pabrik di utara kota Turin, Italia. Hal itu terjadi ketika Italia pertama kali lockdown karena Covid-19 pada 2020 lalu.

Khaby pun menghabiskan hari-hari di rumah orangtuanya di Chivasso untuk mencari pekerjaan lain. Suatu ketika, ia mengunduh TikTok, mulai mengulik media sosial itu dan mengunggah video dirinya dengan nama Khaby Lame.

Secara bertahap, popularitasnya menanjak. Awalnya, TikToker membuat video sedang menari, menonton video game, dan beraksi komedi. Namun pada awal 2021, ia mulai mengolok-olok video life-hack yang membanjiri platform media sosial.

Khaby bereaksi terhadap video tersebut dengan mengangkat bahu, tanpa bicara dan berekspresi putus asa. Kini, ia jadi salah satu orang paling populer di TikTok dengan 114 juta pengikut.

"Saya datang dengan ide itu karena saya melihat video-video ini beredar, dan saya menyukai ide untuk membawa beberapa kesederhanaan ke dalamnya," kata Khaby kepada CNN.

"Jenis isyarat datang secara kebetulan, tetapi keheningan tidak. Saya memikirkan cara untuk menjangkau sebanyak mungkin orang. Dan cara terbaik adalah tidak berbicara," tambahnya.

Di sebagian besar klipnya, pria kelahiran Senegal ini "menyentil" video life-hack orang-orang yang terlalu rumit. Ia kemudian merespons dengan cara yang lebih sederhana dan lebih logis untuk aksi yang sama.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi Khaby

Dalam satu video, Khaby mengupas pisang dengan tangannya sebagai tanggapan atas video seseorang dengan hati-hati mengiris pisang dengan golok. Pada video lain, dia bereaksi terhadap video seorang perempuan yang mengupas mentimun dengan giginya dengan menggunakan alat pengupas sayuran untuk menyelesaikan hal yang sama.

Reaksinya mempersonifikasikan istilah "shaking my head," atau SMH dalam singkatan internet. Usai menyelesaikan suatu hal dengan akal sehatnya, Lame mengulurkan tangannya dengan telapak tangan menghadap ke atas, seolah-olah mengatakan "duh".

Terkadang dia merespons dengan eye roll atau menggelengkan kepala. Reaksi tanpa bersuara tapi ekspresif ini membuatnya menjadi salah satu kreator digital yang paling dikenal di media sosial.

"Mungkin karena ekspresi wajah saya lucu dan membuat orang tertawa, kesederhanaan ini membuat orang tertawa dan saya menyukainya," kata Khaby.

Aksi jenaka Khaby membuat penggemarnya dari seluruh dunia secara teratur mengiriminya video orang-orang yang menjalankan tugas sederhana dengan cara yang rumit. "Mereka tahu sayalah yang memecahkan masalah sehingga mereka menandai saya atau menyebut saya dan mereka seperti, 'Khaby giliranmu, selesaikan masalah ini karena kami membutuhkanmu,'" katanya.

Seperti popularitasnya, latar belakang Khaby melampaui berbagai benua. Ia lahir di Senegal dan pindah ke Italia bersama orangtuanya saat ia berusia satu tahun. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di perumahan umum, yang disebutnya melindunginya dari rasisme dan mengeksposnya ke dunia di luar Italia.

"Di sana kami adalah orang-orang dari setiap etnis, jadi kami akan sangat melindungi satu sama lain. Tidak pernah ada masalah rasisme," katanya.

3 dari 4 halaman

Makna Kesederhanaan

Meskipun belum menjadi warga negara Italia, dia berbicara bahasa Italia dengan fasih dan mengatakan bahwa dia menganggap negaranya sebagai rumah. Khaby mengajukan permohonan kewarganegaraan dan sambil menunggu proses yang harus dilalui. Dia mengatakan sulit baginya untuk bepergian ke acara-acara di Amerika Serikat dan negara-negara lain dengan paspor Senegal-nya.

Tapi ketidakmampuan untuk bepergian tidak memengaruhi ketenarannya. Popularitasnya telah membuka pintu kemitraan dengan perusahaan internasional, termasuk Netflix, perusahaan makanan Italia Barilla, dan platform olahraga fantasi India Dream11.

Khaby memiliki beberapa kesepakatan lain yang belum bisa dia ungkapkan, katanya. Lame menolak untuk mengatakan jumlah uang yang dia hasilkan dari kemitraan, meskipun bintang media sosial terbesar dapat menghasilkan jutaan dolar setahun dari konten mereka.

Khaby mengatakan pembelian terbesarnya sejak dia menjadi terkenal adalah iPhone 12 sehingga dia bisa merekam video yang lebih baik. "Saya tidak membeli sesuatu yang gila," katanya.

4 dari 4 halaman

Infografis Donald Trump Vs TikTok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.