Sukses

Cara Menggunakan Serum yang Tepat agar Wajah Makin Bersinar

Serum ternyata tak bisa dipisahkan dari rutinitas eksfoliasi, mengapa demikian?

Liputan6.com, Jakarta - Serum kini menjadi bagian penting dari rutinitas perawatan wajah sejari-hari. Jenisnya beragam tergantung bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Semua bisa memberikan hasil optimal bila tahu cara menggunakannya dengan tepat.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Widyasari, Sp.KK, menyebut pada dasarnya serum cocok untuk semua jenis kulit. "Serum pada umumnya cocok untuk semua jenis kulit, tergantung ingredients-nya," kata dr. Indah, dalam acara Nuface Nu Glow Serum Launching and Beauty Talkshow, pada Kamis, 30 September 2021.

Sebelum menggunakan serum, ia mengingatkan agar wajah harus dibersihkan terlebih dulu. Selanjutnya, serum segera diaplikasikan karena bahannya cepat menyerap.

Serum bisa bekerja semakin optimal bila dibarengi dengan eksfoliasi kulit wajah. Eksfoliasi merupakan tindakan pengangkatan sel-sel kulit mati. 

Sel-sel kulit mati pada manusia tidak mudah mengelupas. Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit mati makin menumpuk di permukaan kulit. Kondisi itu akan memengaruhi kemampuan serum bekerja.

"Kalau kemudian kita mengoleskan serum saja tanpa melakukan eksfoliasi yang rutin, percuma. Jadi, serumnya tidak akan penetrasi dengan baik," ia menerangkan.

Eksfoliasi dapat dilakukan sendiri di rumah, seperti menggunakan scrub atau skincare yang mengandung  Alpha-hydroxy acids (AHA) dan retinol. Khusus penggunaan retinol, ia meminta agar konsumen memperhatikan jenis kulit wajah masing-masing.

"Kalau kulitnya sensitif, tentunya harus hati-hati, pelan-pelan. Jadi misalnya, frekuensinya cukup satu kali seminggu. Kalau gunain sekali sehari, besoknya nggak pakai, ya efeknya nggak ada ya," ucap dr. Indah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibarengi Skincare

Di sisi lain, serum juga tak bisa bekerja sendiri, melainkan harus dibarengi dengan perawatan kulit secara rutin. Jenisnya harus disesuaikan dengan tipe kulit sendiri, apakah tergolong kulit normal, berminyak, kering, atau kombinasi. "Yang paling penting adalah cari produk skincare yang BPOM," imbuh dia.

Produk skincare yang terdaftar di BPOM tentunya mengikuti standar kadar yang ppas. Misalnya vitamin C yang memiliki rentang kadar 5--15 persen. Lebih dari itu, skincare akan memberi reaksi iritasi. "Ada rasa stinging pada jenis kulit sensitif," tambah dr. Indah.

Bahan ceramide yang biasanya banyak digunakan pada produk-produk skincare juga memiliki batas kandungan hingga empat persen. "Di bawah itu (empat persen), itu aman," ujar dr. Indah.

Selain mengenali jenis kulit wajah dan bahan-bahan yang digunakan dalam perawatan kulit, pentingnya untuk tetap menerapkan basic skincare agar memiliki hasil yang optimal. Perawatan kulit dasar itu meliputi membersihkan wajah (cleansing), menggunakan pelembab wajah (mostruraizing), dan menggunakan tabir surya (protecting).

dr. Indah memperingatkan bahwa penggunaan tabir surya yang dikombinasikan dengan antioksidan, seperti Vitamin C dan Vitamin E, dapat mengurangi efek kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar UV. "Sedini mungkin bisa menggunakan sunscreen dan antioksidan ini," tambah dr. Indah.

"Jangan lupa juga untuk sabar dengan proses dan gunakan secara continue dengan telaten dan kesabaran untuk menghasilkan hasil yang maksimal," tambahnya.

 

 

3 dari 4 halaman

2 Jenis Serum

Terkait perawatan kulit, Nuface merilis seri perawatan wajah Nuface Nu Glow Serum. Terdapat dua varian perawatan wajah yang dihadirkan, yaitu Nuface Nu Glow Brighten & Supple Skin Serum dan Nuface Nu Glow Acne Prone Care Serum, yang sudah terdaftar di BPOM.

Serum pertama berfungsi untuk membantu kulit tampak cerah, terasa lembab, dan tetap kenyal. Kandungan kombinasi niacinamide, ekstrak licorice, dan vitamin C, serta sodium hyaluronate bermanfaat untuk melembabkan wajah dengan tekstur yang tidak lengket serta mudah meresap di kulit.

Sementara, serum kedua untuk menjawab permasalahan kulit sensitif, seperti kondisi kulit berjerawat akibat penggunaan masker. Varian ini mengandung kombinasi empat bahan utama, yaitu salicylic acid, centella extract, neem extract, dan niacinamide. Fungsinya untuk perawatan kulit berjerawat, mengecilkan pori-pori, menyamarkan noda bekas jerawat, serta mengurangi kemerahan akibat jerawat pada kulit.

"Nuface Nu Glow Brighten & Supple Skin Serum untuk kulit jenis normal atau kering, dan Nuface Nu Glow Acne Prone Care Serum untuk kulit normal dan berminyak. Konsumen tinggal menyesuaikan jenis kulitnya saja," ujar Sri Rizky Nugrawati, Senior Marketing Manager PT Victoria Care Indonesia Tbk. (Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 4 halaman

3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.