Sukses

Dilarang Lihat Cermin Saat Menikah, Pengantin Kaget Lihat Hasil Foto dan Riasannya

Menurut pengantin bernama Lusi, dirinya tidak boleh melihat cermin karena dianggap pamali.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia yang terdiri dari beberapa daerah punya banyak tradisi dalam berbagai hal, termasuk pernikahan. Tradisi pernikahan di Jawa tentu berbeda dengan Sumatera, Kalimantan atau Papua.

Tradisi itu biasanya berisi tentang apa yang harus dilakukan dan tak boleh dilakukan oleh pengantin menjelang pernikahan. Salah satu pantangan yang mungkin berlaku di beberapa tempat adalah, pengantin dilarang melihat cermin saat dirias.

Tentu ini tidak terjadi pada semua orang. Namun pengalaman tersebut pernah dirasakan oleh perempuan bernama Lusi Tursinah. Melalui beberapa unggahan video di akun TikTok miliknya, perempuan yang biasa disapa Uci ini membagikan kisahnya saat menjadi pengantin pada 2004 lalu.

"Aku Uci dari Bekasi. Saat aku jadi pengantin difoto ini tahun 2004 lalu, Usiaku baru 18 thun," tulis Uci dalam salah satu video yang diunggahnya.

Dalam video tersebut, Uci menceritakan bahwa dia tidak boleh melihat cermin selama dirias. Hal itu bukan tanpa alasan, menurut pengakuan Uci, ia tidak boleh melihat cermin karena dianggap pamali.

"Waktu itu aku taunya serba beres, karena semua diurus keluarga. Ga terkonsep, yg penting nikah dan sah bersama laki2 pilihanku," katanya. "Dan saat aku jadi pengantin di hari itu, Sama sekali tidak boleh lihat cermin. Katanya famali (pamali)," tambah perempuan asal Bekasi itu. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bentuk Alis Paling Disorot

Dalam sehari,ia juga harus mengenakan sekitar enam gaun pengantin, tiga kebaya, satu baju adat Jawa Solo dan dua gaun malam. "Setelah beberapa hari poto pengantin ku dicetak.. Aku juga kaget dgn hasil makeupnya. Tapi ga marah/menyesal toh sudah berlalu," ungkapnya.

Tampak tampilan makeup Uci saat jadi pengantin terlihat cukup unik. Yang paling menarik perhatian adalah matanya terlihat agak sipit dengan bentuk alis yang sangat tinggi melengkung. Bentuk alis tersebut banyak disorot dan dibahas warganet.

Namun banyak juga warganet yang menyaksikan video tersebut ikut bersimpati kepada Uci atas apa yang terjadi. Ribuan tanggapan diberikan lewat kolom komentar di salah unggahannya.

Sampai berita ini ditulis, salah satu video yang diunggah pada 10 September 2021 sempat viral dan sampai berita ini ditulis sudah disaksikan lebih dari 3,1 juta kali.

3 dari 4 halaman

Hasil Riasan MUA

Salah satu warganet berharap ada Makeup Artist (MUA) di luar sana yang mau mendadani Uci dengan look yang berbeda. "ku berharap ada MUA yg bersedia Makai dia sekarang.. bukan karna yg dulu jelik cuma mau bedain aja jaman now dan sekarang," komentar seorang warganet.

Komentar ini rupanya direspons oleh Via MUA dan Chindratansil MUA. Mereka mencoba merias Uci dengan look pengantin masa kini. Hasilnya tentu saja berbeda, dengan riasan mata yang super tebal yang dulu dikenakan Uci dan membuatnya tampak seperti boneka.

Penampilan Uci pun ramai dipuji oleh warganet setelah diunggah di TikTok. Mereka kompak mengatakan jika dia terlihat lebih cantik dengan wajahnya yang unik itu.

"Dah ky pengantin baru lg Bu cantik pangling," tulis seorang warganet. "Ya Allah padahal aslinya cantik. Makeup nya agak ketertaluan ya kak yang dulu. Sekarang pas makeup sesuai jadi tambah cantik," timpal warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Gaun Pernikahan Raisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.