Sukses

Ajakan Gowes Virtual Sambil Eksplorasi Tempat Wisata Baru Sambut PON XX Papua

Gowes virtual sambil mengunjungi tempat wisata ini akan berlangsung di 28 kota secara serentak.

Liputan6.com, Jakarta - Gaung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua makin menggema. Banyak kegiatan digelar untuk menyemarakkan ajang olahraga akbar di dalam negeri tersebut. Salah satunya adalah Virtual Gowes Wisata (VGW) 2021 yang akan digelar pada Minggu, 3 Oktober 2021.

Acara itu merupakan ajakan untuk gowes secara menyenangkan yang bakal digelar di 28 kota secara serentak. Para peserta diwajibkan menuliskan namanya di kaus masing-masing sebagai wujud komitmen untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Selain itu, VGW juga mewajibkan seluruh pesertanya untuk melewati destinasi wisata di masing-masing kota," kata GM Bisnis PT. Pesonna Indonesia Jaya, Niel Iswari, selaku perwakilan The Gade Coffee and Gold, dalam jumpa pers virtual, Kamis, 30 September 2021.

Para peserta juga diminta untuk berswafoto di destinasi wisata terbarukan. Niel menerangkan, hal itu bertujuan untuk menyebarkan tempat wisata tersembunyi yang ada di 28 kota sehingga semangat untuk berwisata di dalam negeri semakin ramai dan seru.

"Ini adalah titik wisata yang baru, yang viral, dan Instagramable. Bukan titik wisata yang terbentuk dari alam dan ada dari dulu," sambung Niel.

Ia mencontohkan destinasi wisata dimaksud adalah Nepal van Java, Tebing Breksi di Yogyakarta, dan Gua Pindul. Dengan mengeksplorasi potensi wisata anyar itu, ia berharap bisa menyebarkan optimisme kebangkitan pariwisata Indonesia dari titik awal.

"Maksud dari titik awal di sini adalah mulai dari diri sendiri, masing masing dan sebelum pariwisata dibuka kembali," sambung Niel.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah Pendaftar

Ajang tersebut diinisiasi oleh The Gade Coffee and Gold yang bernaung di bawah PT. Pesonna Indonesia Jaya. Pihaknya bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Gerakan Kreatif Nasional, dan Kadin Indonesia.

Menurut Niel, hingga pendaftaran ditutup pada 26 September 2021, jumlah peserta tercatat 2.505 orang yang tersebar di 28 kota di Indonesia. "Dan sejak 26 September lalu hingga tanggal 3 Oktober mendatang peserta dapat mengambil kaos peserta," katanya.

Ketua Panitia Pelaksana VGW 2021, Rizky Diansyah meminta agar para peserta membaca syarat dan ketentuan yang tertera di e-ticket masing-masing. Para peserta juga diharapkan membawa helm, minum dan obat-obatan pribadi. Mereka bisa memulai perjalanan gowes dengan mengikuti salah satu dari tiga gelombang pelepasan virtual.

"Yang ingin kami tekankan di sini adalah untuk titik tujuan, jarak gowes, dan waktu serta lamanya bersepada tidak ditentukan. Semua kita serahkan kepada peserta," katanya. Sejumlah hadiah sudah menanti pemenang, seperti uang tunai, kesempatan ngopi gratis setiap hari, tiket menginap di hotel, dan sepeda lipat.

 

 

3 dari 4 halaman

Bantu Pariwisata

Ketua Umum Gerakan Kreatif Nasional (GEKRAFS), Kawendra Lukistian menyebut kegiatan tersebut secara tidak langsung mendorong kebangkitan sektor wisata di Tanah Air. Hampir dua tahun terakhir, sektor ini terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Kami sangat yakin dan optimis sektor pariwisata di Tanah Air akan bangkit. Terlebih lagi saat ini kita lihat sendiri Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) terus melakukan promosi dan kampanye untuk bersiap menghadapi kebangkitan sektor ini," sambung dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang olahraga, Irwandi D. Hanafi mengatakan akan terus mendorong kesuksesan wisata olahraga di Tanah Air. Salah satu yang akan dilakukan adalah menjalin menjalain kerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olaharaga (Kemenpora) untuk menyemarakkan sport tourism di Indonesia.

"Salah satunya dengan VGW 2021 atau virtual besepada ini. Sambil berolahraga kita bisa menikmati destinasi dan ini langsung dapat mempromosikan sektor pariwisata apalagi jika dipromosikan lewat media sosial," katanya.

4 dari 4 halaman

Infografis 10 Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.