Sukses

Tunda Buka Kunjungan untuk Turis Asing, Pantai Pattaya Ramai Dibanjiri Wisatawan Domestik

Pattaya, Thailand, awalnya akan membuka kembali kunjungan wisatawan asing pada hari ini, 1 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pedagang di sepanjang Pantai Pattaya, Thiland, mulai mencatat peningkatan pendapatan. Itu sejalan dengan naiknya jumlah kunjungan wisatawan domestik beberapa minggu terakhir.

Pendapatan mereka memang masih jauh di bawah level sebelum pandemi Covid-19. Namun, tren kunjungan yang positif mulai terlihat, terutama saat akhir pekan dan masa iburan, melansir The Thaiger, Jumat (1/10/2021).

Penjual makanan, penjaja jasa pijat, dan payung pantai terus melihat lebih banyak pelanggan. Akhir pekan lalu, mereka merayakan liburan Hari Mahidol, tepatnya pada 24 hingga 26 September 2021.

Pemerintah merayakan peringatan kematian Pangeran Mahidol, yang dianggap sebagai bapak kesehatan masyarakat dan pengobatan modern di Thailand, dengan upaya vaksinasi besar-besaran. Tetapi, banyak warga merayakannya dengan liburan ke pantai.

Vendor dengan gembira melaporkan akhir pekan lalu mendapatkan uang setara dengan keuntungan mereka sebelum Covid-19. Mayoritas turis yang datang adalah para pengunjung akhir pekan dari Bangkok dan provinsi di bagian timur.

Bahkan, penduduk dari daerah-daerah cukup jauh pun keluar. Mereka berbondong-bondong ke pantai untuk liburan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangkitkan Bisnis

Dengan berkurangnya kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, selama Covid-19, Kota Pattaya telah memungkinkan pengunjung untuk parkir di jalanan pantai. Pihaknya juga "mendekatkan pengunjung dengan pedagang pantai untuk membangkitkan bisnis."

Area ini masih kekurangan tempat parkir. Karena itu, saat ini sedang dibangun garasi parkir baru di Terminal 21. Di samping, bakal dihadirkan pula layanan antarjemput pantai.

Hal itu diperuntukkan bagi mereka yang tidak ingin berjalan kaki, meski hanya lima hingga 10 menit perjalanan. Ini juga akan membawa orang ke pantai dengan mudah dan menyediakan vendor dengan basis pelanggan yang lebih besar.

3 dari 4 halaman

Tunda Pembukaan

Chon Buri dan Pattaya menunda pembukaan kembali wisatawan internasional hingga November 2021. Akhirnya, para turis domestik mulai kembali datang dengan jumlah banyak.

Dilaporkan bahwa banyak orang Thailand takut liburan bercampur dengan wisatawan internasional. Kekhawatiran akan transmisi virus corona baru, yang berisiko memunculkan gelombang baru wabah, jadi sebabnya.

Para pedagang pantai berharap bahwa para pejabat akan mengizinkan banyak festival yang direncanakan dan membawa ribuan turis ke Pattaya. Dalam jadwalnya ada festival makanan pantai, festival musik, festival kembang api, dan festival lentera Loy Krathong yang terkena.

4 dari 4 halaman

Infografis Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.