Sukses

7 Cara Belajar Asyik Versi Jerome Polin, Bisa Kamu Terapkan di Rumah

Cara asyik belajar versi Jerome Polin yang kamu bisa tiru.

Liputan6.com, Jakarta - Jerome Polin Sijabat atau lebih dikenal dengan sapaan Jerome Polin, merupakan seorang YouTuber asal Indonesia. Ia memiliki lebih dari tujuh juta subscriber dalam kanal YouTubenya, serta 5,2 juta pengikut dalam Instagram pribadinya.

Jerome dikenal luas oleh kalangan warganet setelah memulai YouTubenya yang bernama Nihongo Mantappu. Di dalam kanal YouTubenya, ia sering membagikan konten kesehariannya selama menjadi mahasiswa rantau ke negeri sakura (Jepang).

Selain konten kesehariannya yang menarik, ia juga sering membagikan konten yang bersifat edukatif, seperti battle matematika atau belajar bahasa Jepang, dan masih banyak lagi. Ia bercita-cita menjadi Menteri Pendidikan Indonesia di masa yang akan datang, saat berbincang bersama bapak Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

Jerome mengatakan bahwa pendidikan moral dan berpikir kritis di Indonesia harus diperkuat sejak dini. Ia juga menyinggung bahwa anak-anak di Indonesia takut beragumen atau beropini karena takut akan dimarahi guru atau dianggap tidak sopan. Menurutnya, cara pengajaran dan pola pikri seorang guru juga harus diubah.

Berikut cara belajar yang mengasyikan ala Jerome Polin:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Metode 50 10

Dilansir kapanlagi.com, (01/20/2021), langkah pertama yang bisa dilakukan, yaitu penerapan metode 50 10. Artinya, dalam waktu satu jam, gunakan 50 menit untuk belajar secara maksimal, lalu beristirahat sejenak selama 10 menit.

3 dari 9 halaman

2. Target Belajar

Buatlah target belajar, bisa dalam bentuk 'seberapa jauh aku mau belajar' atau 'seberapa banyak soal yang mau aku kerjakan'. Cara ini dapat mengurangi kebosanan karena kita fokus pada taget yang ingin dicapai.

4 dari 9 halaman

3. Reward dan Punishment

Setelah buat target dalam belajar, kalian bisa menerapkan dua hal ini. Dengan cara ini, target belajar akan semakin fokus dan mencegah datangnya rasa bosan.

5 dari 9 halaman

4. Cari Banyak Sumber Belajar

Cari banyak sumber, jangan hanya belajar dari satu sumber saja. Kalian bisa mengganti media pembelajaran dari buku dan media yang beragam.

6 dari 9 halaman

5. Temukan Suasana Belajar yang Asyik

Apabila jenuh dengan suasana belajar di rumah, kalian bisa pindah ke tempat lain seperti perpustakaan, kafe, atau mal.

7 dari 9 halaman

6. Kelompok Belajar Bersama

Ikut kelompok belajar bersama, dengan hal itu kalian bisa saling tukar pikiran dan sesekali bersenda gurau. Hal tersebut dapat menghilangkan kebosanan dalam belajar.

8 dari 9 halaman

7. Berdoa

Berdoa sebelum belajar itu penting. Mohon kepada Tuhan agar dapat belajar dengan maksimalkan dan efektif sehingga ilmu bisa kita terima dengan sebaik mungkin.

Penulis : Azarine Natazia

9 dari 9 halaman

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.