Sukses

Sosok Istimewa Remaja Ramah yang Sambut dan Rapikan Sandal Jemaah Masjid

Remaja ramah yang menyambut jemaah masjid di teras masuk itu ternyata bukan orang biasa. Sosoknya belakangan jadi viral di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang menampilkan seorang remaja berambut keriting terlihat menyambut ramah para jemaah yang akan salat dan merapikan sandalnya di masjid beredar viral di media sosial. Banyak yang mengira kalau remaja itu salah seorang petugas masjid. Faktanya, tidak seperti itu.

Video itu diambil di sebuah masjid di Ciater, Subang, Jawa Barat.  Belakangan diketahui pemuda bernama Raja itu ternyata berlatar belakang istimewa.

Dikutip dari beberapa video akun TikTok dan Instagram Mat Peci, ditulis dalam video yang diunggahnya bahwa pemuda yang viral menyambut jemaah itu adalah anak pemilik masjid. Tepatnya, anak dari pemilik masjid megah As-Sa'adah Ciater serta pemilik hotel dan resor di kawasan tersebut.

Nama masjid tersebut ternyata diambil dari nama mendiang neneknya, Assa’adah Elizabeth. Raja juga mengungkapkan masih punya hubungan saudara dengan mendiang ustaz Jeffry Al Buchory dari pihak ayahnya yang berdarah Ambon.

Cerita mengharukan sekaligus inspiratif ini rupanya mendapat atensi bukan hanya dari warganet saja. Salah satu program televisi mengundang Raja untuk membagikan kisahnya kembali kepada publik.

Raja bercerita bahwa dia sejak kecil terbiasa merapikan sandal pengunjung masjid. Dia terbiasa menyambut pengunjung yang hendak beribadah di masjid miliknya dengan sapaan yang ramah. Setiap kali Raja disebut anak pemilik masjid, ia selalu menolak dan mengatakan bahwa semua itu hanya titipan.

Ia bahkan tak ingin dikenal sebagai anak orang kaya oleh orang lain. Sebelum menjawab pertanyaan Mat Peci, Raja terlihat menengok ke belakang, ke kanan dan ke kiri. Setelah yakin orang-orang tidak mungkin mendengar percakapan tersebut, barulah dia menjawab pertanyaan Mat Peci.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Video Viral di TikTok

Mat Peci pun merasa kagum dengan sosok Raja yang tidak sombong dan tetap rendah hati di hadapan banyak orang, bahkan sampai menutup identitasnya agar hanya dikenal sebagai orang biasa.  "Adek ini setiap hari memuliakan tamu Allah," tulis Mat Peci di kolom komentar unggahannya.

Empat video mengenai Raja yang dinggah Mat Peci semuanya viral. Ada yang ditonton sampai 1,8 jura kali dan yang terbanyak sampai 20,2 juta kali yang diunggah pada 28 September 2021. "Terkenal di langit, tidak terkenal di bumi," tulis Mat Peci dalam keterangan video.

Selain di TikTok dan Instagram, Mat Peci juga mengunggah video dirinya saat bertemu dan berbincang dengan Raja di kanal Youtube miliknya pada 28 September 2021. Dia pun sangat kagum dengan bagian dalam masjid yang ternyata berusia sama dengan Raja, yaitu 17 tahun.

"Masjid ini baru ada di tahun 2003 dan dulu namanya Kubah Biru karena memang warna kubahnya biru. Ini nyaman banget masjidnya dan luas banget," kata Mat Peci. Suasana nyaman juga terasa di bagian luar masjid karena dikelilingi banyak gunung seperti Gunung Palasari, Tangkuban Parahu, dan Gunung Burangrang.

3 dari 4 halaman

Ingat Pesan Papa

Tentang tanggapan orangtuanya mengetahui dirinya viral, Raja mengatakan ayahnya senang dan tidak keberatan tapi mengingatkan agar dirinya tidak besar kepala.  "Papa saya selalu mengingatkan kalau roda itu selalu berputar, kadang kita di atas kadang kita di bawah dan gimana caranya posisi kita harus berada di tengah," ucap Raja.

Banyak warganet yang salut dengan Raja bahkan mendoakan remaja tersebut. Ia tetap rendah hati dan bersikap sederhana dan menunjukkan bahwa dirinya hanya orang biasa.

"Adek yang rendah hati. Tidak ingin diketahui. Tidak ingin dikenal. Mulia hidupmu dek," komentar seorang warganet. "Subhanallah Masya Allah luar biasa adeknya dan juga didikan orang tuanya.." komentar warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Masjid Indah dan Ikonik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.