Sukses

Tradisi Unik Swedia Hadir di Pembukaan IKEA Jakarta Timur

Tradisi asal Swedia di pembukaan IKEA Jakarta Timur ini juga memiliki makna mendalam.

Liputan6.com, Jakarta - IKEA secara resmi membuka toko keempatnya di Indonesia, berlokasi di Jakarta Garden City, Jakarta Timur. Sebelumnya, toko penyedia produk perabot rumah tangga ini sudah lebih dulu hadir di Alam Sutera, Sentul, dan Kota Baru Parahyangan.

President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia) Patrik Lindvall menyebut sangat bersemangat dengan dibukanya IKEA Jakarta Garden City. Pasalnya, mereka tak hanya menawarkan produk IKEA, namun juga mendukung produksi jenama lokal.

"Kami juga bersemangat membangun produk yang dibuat di Indonesia, memberi ruang dan perhatian untuk komunitas di Indonesia," kata Patrik dalam Peresmian IKEA Jakarta Garden City, Jakarta Timur, Kamis (30/9/2021).

Upacara pembukaan ini turut dimeriahkan dengan pemotongan sebatang kayu berukuran cukup besar. Pemotongan dilakukan oleh Duta Besar Swedia untuk Indonesia H.E. Marina Berg, Patrik sendiri, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar, S.Si, M.AP., Store Manager IKEA Jakarta Garden City Achmad Rofiq, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Ir R.S. Hanung Harimba Rahman M.S, dan Presiden Komisaris PT Rumah Mebel Nusantara Ipung Kurnia.

Patrik menjelaskan pemotongan batang kayu ini adalah tradisi Swedia yang melambangkan awal kehidupan di rumah baru. Tradisi ini juga diadopsi IKEA setiap membuka toko baru.

"Pemotongan batang kayu adalah tradisi dan simbolis persahabatan, kebersamaan, dan meraih sesuatu bersama. Tradisi tersebut dipertahankan untuk merayakan heritage dari Swedia, negara asal IKEA," jelas Patrik.

Kayu memang jadi bahan baku populer perabot rumah di Swedia. Tradisi pemotongan batang kayu ini juga mencerminkan kerja sama karena cara memotongnya tidak dapat dilakukan sendiri.

"Cara memotongnya tidak bisa sendiri, harus bekerja sama. Ini juga harapan dari IKEA untuk terus kerja sama dan kolaborasi dengan masyarakat setempat, di mana pun IKEA berada," tambahnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gandeng UMKM Lokal

Melanjutkan semangat atas hadirnya produk lokal di gerai baru IKEA, Patrik mengatakan, deretan item-nya telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi warga Jakarta Timur. Pihaknya hendak menjadi "tetangga yang baik untuk semua komunitas."

"IKEA bekerja sama dengan UMKM di area Jakarta Timur, menghadirkan vaksinasi dan bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk membantu mereka yang terdampak pandemi," tambahnya.

Outlet baru ini menempati area seluas seribu meter persegi yang tersebar di beberapa lantai. Kini, ada 16 UMKM yang menjual produk unggulannya di Teras Indonesia IKEA Jakarta Garden City, termasuk Pepper Secret, Peek Me Naturals, Auraya Soap, dan Maharati. Ini adalah jumlah UMKM terbanyak yang digandeng dibanding toko IKEA lainnya.

Dukungan IKEA pada produk lokal diapresiasi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia Teten Masduki. Ini dikatakannya mendorong produk UMKM naik kelas dan mengangkat produk UMKM Indonesia yang kualitasnya tak kalah dengan brand besar.

"Saat ini IKEA telah mengakomodir produk UKM untuk dipromosikan di IKEA Jakarta Garden City dalam periode bulanan. Melalui kolaborasi ini, saya harap PT IKEA Indonesia dapat membuka kesempatan lebih besar untuk UKM di sektor lain yang memiliki nilai tambah seperti kerajinan, serta bersama-sama melakukan pendampingan, pelatihan, kurasi, serta research and development untuk menghasilkan produk sesuai minat pasar," kata Teten dalam video sambutannya.

3 dari 4 halaman

Sudut Foto

IKEA tak hanya dikenal sebagai penyedia peralatan rumah tangga, tapi rumah bagi sederet sudut menarik untuk berfoto. Gerai IKEA Jakarta Garden City pun tidak jadi pengecualian.

Spot foto ini hadir dengan latar paduan warna kuning dan turquoise. Dilengkapi pula dengan furnitur bernuansa senada di dalamnya seperti kursi, bantal, dan keranjang.

"Ciptakan momen terbaikmu," demikian bunyi keterangan di dekatnya.

Ada pula instalasi foto dilengkapi deretan lampion putih di atasnya. Ini dipadukan dengan latar hitam, serta kaca di sisi depan dan belakang yang membuat pengalaman berfoto kian menyenangkan.

4 dari 4 halaman

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.