Sukses

Gandeng Brand Lokal, Ridwan Kamil Desain Celana Jeans dari Limbah Botol Plastik

Ridwan Kamil mengajak masyarakat untuk membantu pelaku UMKM lokal, termasuk produk celana jeans.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikenal sering mendesain bangunan seperti masjid maupun tempat wisata. Yang terbaru, ia bukan mendesain bangunan, tapi celana jeans.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini merilis sebuah celana jeans buatan brand lokal asal Kota Bandung, Bespoke Project. Uniknya, celana itu dibuat dengan menggunakan bahan limbah botol plastik.

Hasil kolaborasi itu ia unggah lewat video di akun Instagram pribadinya pada Rabu, 29 September 2021. Kolaborasi ini merupakan gerakan sosial yang diinisiasi Ridwan Kamil dan pemilik brand lokal untuk sama-sama bangkit selama hantaman pandemi Covid-19 yang sempat memukul penghasilan para pelaku ekonomi kecil, mikro dan menengah atau UMKM.

Program itu diberi nama "Inilokal Inikolaborasi". "Saya berkolaborasi mendesain jeans bersama Bespoke Project untuk membantu UMKM Jawa Barat berbahan daur ulang sampah botol plastik," tulisnya dalam unggahan tersebut.

Desain jeans tersebut memiliki tema gradasi dwiwarna dengan sentuhan pola megamendung di bagian saku. "Tema desain jeans nya adalah gradasi duotone dan pola Megamendung favorit saya. Meski pakai bahan jeans, tapi pas saya cpba rasanya nyaman dan tidak menganggu mobilitas saya," tambahnya.

Ridwan Kamil pun mengajak masyarakat untuk membantu pelaku UMKM lokal dengan membeli produknya. "Ayo pada beli dan mari dukung ekonomi UMKM sambil menyelamatkan lingkungan," ucapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Hanya Celana Jeans

Selain, celana jeans ada sejumlah produk hasil kolaborasi serupa yang sudah bisa dipesan lewat marketplace atau melalui Instagram @inilokalinikolaborasi. Tak hanya celana jeans, ada juga produk lain seperti helm, jam tangan kayu, baju muslim pria, hingga jaket.

Semua produk merupakan hasil desain Kang Emil bersama pemilik brand lokal. "Saya terharu karena produknya keren-keren, luar biasa, bukan kaleng-kaleng. Prosesnya seru. Waktu saya mengkritisi dan diskusi itu bagian dari menyempurnakan produk. Jadi saya senang karena mengingatkan saya kepada jati diri saya sebagai desainer," terangnya.

Ia menambahkan, Presiden Joko Widodo pun mendukung penggunaan produk lokal sehingga ia mengajak warga untuk mendukung produk lokal. "Presiden juga beri masukan apa yang membuat produk lokal bisa bersaing dengan produk luar. Jangan sampai orang tidak beli karena merasa kalah dengan produk luar. Saya meyakini kita bisa memproduksi dengan kualitas baik," ujar Kang Emil.

3 dari 4 halaman

Ukuran dan Harga

Celana jeans ramah lingkungan ini juga diunggah di akun Instagram Bespoke Project. Dalam unggahan pada Rabu, 29 September 2021, mereka membagikan foto-foto celana jeans hasil kolaborasi tersebut.

"Kain jeans ini merupakan daur ulang ♻️ limbah botol plastik ( cacahan botol PET ). Setelah itu dijadikan benang polyster lalu ditenun bersama kapas dan menjadi kain jeans bersama @tentang.kain," tulis mereka.

"Untuk ukuran tersedia dari size 28.30.32.34.36.38. Harga retail Rp425 ribu ya guys, dan dapet free totebag ya edisi ridwankamil x bespokeproject," lanjut akun tersebut.

4 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.