Sukses

Cerita Kakek Tua Dapat Traktiran Tak Disangka-sangka

Seorang kakek berharap diberikan nasi seadanya dengan uang Rp2 ribu miliknya. Namun, yang didapatkannya lebih dari nasi putih.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagi kepada orang lain yang membutuhkan merupakan kewajiban setiap manusia. Terlebih di masa pandemi, saat banyak orang kehilangan pekerjaan dan sulit memenuhi kebutuhan hidup.

Hal itu juga dilakukan oleh seorang pria dalam video yang diunggah akun TikTok @afif_attaqwani dan kemudian dibagikan kembali di akun Instagram @viralkak berikut ini. Pria itu menolong seorang kakek yang makan di warung meski hanya membawa uang Rp2 ribu saja.

Mengenakan baju batik yang sudah usang, celana pendek selutut, dan topi, kakek ini terlihat memasuki sebuah warung. Tidak diketahui secara pasti lokasi pengambilan video tersebut.

Yang jelas, kakek yang sudah terlihat sangat renta tersebut berniat membeli sarapan. Ia berharap pemilik warung memberikan nasi seadanya dengan uang yang dimilikinya.

Beruntung ada seorang pria baik hati yang sedang berada di warung tersebut. Ia mengaku sedang sarapan dan melihat kondisi kakek tersebut.

"Lagi sarapan dan ketemu kakek ini lagi datang membawa uang 2rb an," tulis keterangan video, dikutip dari akun @viralkak, 23 September 2021. Karena tidak tega dengan kakek tersebut, pria ini kemudian memesankan satu porsi soto dan teh panas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menolak dengan Sopan

Pria ini kemudian  menawarkan kakek itu lauk tambahan seperti ayam, satai atau tahu. Namun, si kakek menolak dengan sopan. Ia terlihat merasa tidak enak hati diberikan makanan-makanan enak tersebut.

Kemudian, karena sudah ditawari, kakek itu pun akhirnya memilih untuk mengambil bakwan.  "Saya suruh pakek lauk ayam/sate ati/ tahu, kakeknya gak mau. Maunya malah bakwan," tulisnya.

Kakek itu pun kemudian mengambil bakwan dan melahap makanannya sampai habis. Pria itu kemudian mengungkapkan kalau dia sudah membayar makanan yang disantap kakek tersebut.

3 dari 4 halaman

Rencana Tuhan

Pria yang membelikannya makanan itu mengaku bahwa pertemuannya dengan kakek bukanlah suatu kebetulan. Namun, sudah rencana Tuhan sebagai jalan berbagi rezeki yang ia miliki. "Saya yakin ketemu kakek ini lagi bukan kebetulan tapi itu rencana Allah supaya aku bisa sedikit berbagi," tulisnya lagi.

Video aksi berbagi itu pun mendapat sorotan dari warganet. Mereka memuji orang-orang yang mau berbuat baik meskipun itu hanya sedikit. Karena seringkali apa yang kita anggap sedikit dan sepele bisa saja sangat berharga bagi orang lain.

"Suka pengen ngasih lebih klo yang d kasihnya itu kaya kakek ini ga aji mumpung seperlunya aja. Semoga sehat selalu kakek," komentar seorang warganet. "Panjang umur kek, semoga selalu diberi kesehatan, keselamatan, kelancaran, kemudahan dan rejeki yg barokah.. aamiin," komentar warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Alasan Makan Bersama Berisiko Tinggi Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.