Sukses

Kirim Sampah Kemasan Kosmetik dan Skincare untuk Didaur Ulang

Sampah kosmetik dan skincare jangan dahulu dibuang. Yuk, dikirim dan ikut ambil bagian dalam menjaga Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kelestarian lingkungan dan Bumi dapat dimulai dengan hal-hal sederhana. Seperti mengumpulkan sampah kemasan kosmetik dan skincare dan dapat mengirimkan kepada pihak yang siap mendaur ulangnya.

Salah satunya, Anda dapat mengirimkannya ke Waste4Change. Namun sebelum dikirim, sampah kemasan kosmetik dan skincare ini perlu dicuci terlebih dahulu, dikeringkan, kumpulkan, dan pilah sesuai jenisnya.

Kemudian, kumpulan sampah kemasan kosmetik dan skincare ini bisa dikirimkan melalui layanan Send Your Waste. Disampaikan melalui akun Instagram resmi Waste4Change, Anda bisa mengakses w4c.id/SYW untuk melengkapi beberapa hal.

Saat sudah ada di laman Waste4Change, klik "Kirimkan Sampah". Terdapat detail informasi terkait pengiriman sampah kemasan skincare dan kosmetik, seperti tujuan pengiriman lengkap dengan jam operasional, pilih alamat pengirim, dan kirim paket Anda.

Berdasarkan keterangan di kolom komentar, sampah kemasan kosmetik dan skincare akan didaur ulang sesuai material dasar. Untuk kertas menjadi kertas daur ulang atau kardus dan plastik tergantung jenis plastik, biasanya dikembalikan menjadi bijih plastik terlebih dahulu sebelum dijadikan barang-barang plastik baru, seperti peralatan rumah tangga (sapu, container, pot, dan lainnya), dan kaca akan dilelehkan untuk dibentuk kembali menjadi barang kaca baru.

"Sebelum masuk ke proses daur ulang, perlu dipilah dan sortir lebih detail lagi supaya tidak ada residu/impurities yg merusak mesin daur ulang. Pemilahan dapat dilakukan ketika di sumber. Sebut saja rumah, sortir dapat dilakukan di TPS3R atau MRF (di Waste4Change dinamakan Rumah Pemulihan Material)," lanjut keterangan tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengirim

Menurut laman Waste4Change, saat ini telah ada sebanyak 1.334 pengirim dengan total 5.057 kilogram sampah daur ulang. "Melalui program Send Your Waste, Anda dapat memastikan sampah anorganik Anda didaur ulang secara optimal dan bertanggung jawab," bunyi keterangan di laman.

Setelah memilah sampah dan mengisi formulir, Anda dapat mengemas sampah anorganik di dalam kotak atau kardus. Sematkan pula label atau tulis kode unik SYW yang didapat, lalu sertakan di kotak atau kardus.

Lalu, kirim sampah anorganik menggunakan jasa ekspedisi ke fasilitas daur ulang Waste4Change. Sampah yang dikirim akan diterima dan dicatat untuk kemudian didaur ulang secara optimal.

3 dari 4 halaman

Misi Program

Disampaikan pula, cara membantu agar paket dapat terdeteksi saat proses Waste4Change. Pertama, pastikan paket disertai nomor unik SYW yang mudah dibaca, kedap air dan tidak mudah terlepas, lalu disarankan untuk menggunakan satu nomor unik untuk satu boks/amplop paket dan pastikan paket sampai pada hari dan jam kerja.

Jika paket sudah terdeteksi sampai di Waste4Change menurut jasa ekspedisi namun status di web tetap on shipment, Anda dapat mengirimkan tangkapan layar bukti paket sudah diterima oleh petugas Waste4Change dan sertakan pada formulir berikut w4c.id/laporsyw.

Tujuan dari program ini tidak lain untuk mengurangi sampah yang berakhir di TPA. Program ini juga guna meningkatkan daur ulang di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.