Sukses

6 Sajian Sedap dan Lezat di Dekat Candi Borobudur, Cus Cobain!

Ada begitu banyak sajian sedap dan lezat yang bisa kamu temukan di Magelang.

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak sajian sedap dan lezat yang bisa kamu temukan di Magelang. Buat kamu yang selesai jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Candi Borobudur dan merasa lapar, bisa mencicipi sederet makanan berikut ini seperti dikutip Wonderful Indonesia.

Dari makanan pedas, berkuah, lauk ikan dan daging hingga minuman menyegarkan. Semuanya merupakan makanan lokal atau khas daerah, gak hanya lezat tapi juga ramah di kantong para pelancong.

1. Mangut Beong

Buat penggemar ikan dan makanan pedas, wajib banget mencicipi makanan ini. Ikan beong merupakan jenis ikan khas yang hanya dapat ditemukan di Sungai Progo. Ikan ini umumnya dimasak dengan bumbu khusus mulai dari lengkuas, serai, jahe hingga bawang merah sehingga sangat empuk dan gurih. Sajian nikmat Ndas Beong bisa kamu temukan di warung makan sehati. 

2. Sop Serenek

Dari lauk ikan, bergeser ke menu makanan daging. Ada sop serenek yang bisa kamu pilih. Salah satunya adala Sop Senerek - Pak Parto yang ada di jalan Jendral Sudirman. Hidangan kuah ini terdiri dari sup kacang merah dan sayuran lainnya, di atasnya dengan irisan daging. Supnya bening dan sering kali pedas. Sajian ini ternyata makanan favorit pada masa kolonial tetapi sekarang hanya ditemukan di sekitar Borobudur dan merupakan salah satu masakan pedas favorit dari Magelang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Nasi Lesah

Nasi Lesah ini memiliki penampakan seperti hidangan  soto. Bukan kuah bening melainkan dicampur dengan santan sehingga sedikit lebih padat dan gurih. Nasi Lesah berisi nasi dengan campuran sayur tauge, bihun, irisan tahu bacem, daun bawang, dan seledri. Salah satu pelopor sekaligus penjual Nasi Lesah yang cukup populer di Magelang adalah Nasi Lesah Pak Badut. 

4. Sego Godog

Sego godog ini merupakan nasi yang direbus, sego artinya nasi dan godok adalah rebus. Sajian ini merupakan salah satu kuliner favorit di Magelang, yang terbuat dari nasi yang dibumbui dengan kuah pedas. Umumnya menu sego godog terdiri dari telur, suwiran ayam, kol, wortel, seledri, dan bawang bombay untuk dicampur dengan nasi. Penambahan kuahnya akan membuatnya semakin istimewa. Jika kamu ingin pedas, tinggal tambahkan cabai. Salah satu lokasi yang bisa kamu kunjungi adalah warung Pak Manto, Pak Broto, hingga Pak Naryo.

5. Kupat Tahu

Ingin mencicip sajian lain yang tidak berkuah, maka kamu bisa pilih kupat tahu. Sajian ini terdiri dari ketupat, mie, jajanan lokal goreng, kol, dan tahu, yang kemudian ditaburi saus kacang gurih. Sempurna untuk sarapan maupun makan siang.

6. Es Pleret

Untuk menyegarkan harimu, salah satu minuman segar yang wajib dicicipi adalah es pleret. Terbuat dari tepung beras dan pati yang diproses, lalu dibentuk menjadi potongan-potongan kecil. Pleret ini kemudian dicampur dengan larutan gula aren, santan dan es serut. 

Itulah sederet sajian sedap dan lezat di dekat Candi Borobudur yang bisa kami nikmati. Temukan inspirasi lainnya di Wonderful Indonesia dan ingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun kamu berada.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini