Sukses

Wajib Dicoba! Ini Cara Ampuh Beli Rumah Sebelum Menikah

Salah satunya kamu bisa melakukan pembelian emas online dalam nominal rendah, mulai dari Rp5 ribu.

Liputan6.com, Jakarta Level kesuksesan setiap orang berbeda-beda. Ada yang menyambut hari dengan berolahraga sebelum beraktivitas, demi badan sehat terjaga, ada pula yang membuat to do list di malam hari, sebelum menyambut aktivitas keesokan hari. 

Ada pula yang sudah menyusun goals mereka secara garis besar, mewujudkan pernikahan misalnya. Nah, biasanya mereka yang sudah punya rencana menikah, umumnya sudah membuat 'tabungan' masa depan, salah satunya memiliki rumah. 

Yup, agi pasangan yang tengah menata masa depan, rumah menjadi salah satu kebutuhan sekaligus aset. Bagi kaum milenial, memilih membeli rumah sebelum menikah, untuk meringankan biaya hidup ketika sudah berumah tangga.

Nah bagi kalian yang belum menikah dan mau mendapatkan rumah impian, ada baiknya mengikuti lima cara berikut ini.

1. Prioritas

Untuk memiliki hunian idaman, pastikan kamu konsisten. Ya, kamu harus konsisten mengalokasikan dana dalam sebuah tabungan khusus. Jadikan cita-cita punya rumah ini sebagai sebuah prioritas dengan memiliki sebuah tabungan.

Dalam prioritas itu, pastikan kamu dan pasanganmu menetapkan target jumlah yang dihasilkan untuk menabung atau berinvestasi. Misalnya dari gajimu setiap bulan, porsikan tabungan untuk rumah sebesar 30 persen.

2. Beli dengan Kredit

Ada baiknya kamu sudah mendapatkan rumah impian tiga tahun sebelum menikah. Nah cara mendapatkannya, tunai atau kredit. Enggak sedikit kok yang memilih KPR, dengan membayar biaya uang muka sebesar 30 persen dari harga rumah. Ketika memilih KPR, pastikan kamu dan pasangan mengalokasikan cicilanmu dengan batasan 20-30 persen dari penghasilan setiap bulan. Cara kredit lainnya, kamu bisa juga mengandalkan dengan menggunakan KPR subsidi dari pemerintah, dengan cicilan yang lebih ringan.

3. Kerja Sampingan

Jika kemungkinan uang gajimu tidak cukup cukup untuk membiayai hidup dan angsuran, jangan malas mencari kerja sampingan. Mumpung usia masih muda dan kamu masih menyimpan banyak energi. Harap selalu diingat, menikah itu tidak sekadar cinta. Atur seluruh keuangan secara bijak agar masa depan cemerlang.

4. Emas

Banyak alasan orang memilih menabung emas karena harganya yang tak pernah turun signifikan. Emas banyak dipilih sebagai langkah awal investasi jangka panjang sebelum membeli hunian impian karena jenis investasinya relatif aman akan efek inflasi. 

Maka dari itu, nggak sedikit masyarakat termasuk kaum milenial antusias untuk berinvestasi emas. Namun, investasi emas batangan butuh uang yang cukup banyak dan kurang fleksibel. Tapi sekarang ada cara termudah untuk investasi emas. 

Yup, kamu bisa menabung emas online yang lebih mudah dan terjangkau lewat e-commerce yang memiliki fitur nabung emas. Untuk cara investasinya nggak susah kok, mirip seperti menabung biasa.

Artinya, berapapun uang yang kamu miliki, bisa langsung dibelikan emas sesuai nominal atau jumlahnya. Nah, pilihlah e-commerce di mana kamu bisa melakukan pembelian emas online dalam nominal rendah, mulai dari Rp5 ribu. Semakin banyak jumlah atau nominal yang dibeli, semakin besar gramasi emas yang kamu dapatkan!

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.