Sukses

Jelang PON XX Papua, Ahli Gizi Ungkap Tips Persiapan Atlet Sebelum Bertanding

Kelengkapan gizi menjadi kunci bagi atlet, termasuk bagi mereka yang akan bertanding di PON XX Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Saat akan menghadapi sebuah perlombaan atau pertandingan olahraga, seorang atlet dituntut memiliki kondisi fisik prima. Selain melakukan latihan rutin, ia juga harus menjalani pola makan yang sehat, sebagai bekalnya menghadapi pertandingan.

Hal ini juga berlaku bagi atlet yang akan berlaga di PON XX Papua 2021. Mengenai apa saja yang harus dipersiapkan bagi atlet sebelum bertanding, diterangkan oleh Nutritionist, Researcher on Sport Nutrition & Fitness, Mury Kuswari, dalam acara jumpa pers virtual L-Men x PON XX Papua 2021, Selasa, 28 September 2021.

"Persiapan atlet itu lebih banyak dilakukan jauh sebelum pertandingan, bisa dibilang sekitar 80 persen. Mulai dari gizi dan perencanaan latihan, itu menjadi kunci utama," jelas Mury.

"Kalau sudah masuk persiapan pra pertandingan, yang perlu dikontrol itu adalah kebutuhan karbohidrat dan protein. Selain itu, jangan sampai hidrasinya berantakan," sambungnya.

Mury menambahkan, seorang alet juga harus menjaga berat badannya. Tiap cabang olahraga punya standar tersendiri dalam menentukan berat badan ideal. Contohnya di cabang olahraga bela diri, berat badan menjadi kunci penting agar tetap ideal dan seimbang.

"Yang namanya atlet itu, kebutuhan gizi sangat penting. Jadi kelengkapan gizi menjadi kunci bagi atlet," ucapnya.  Ia membagikan panduan gizi dan latihan bagi atlet yang bisa diterapkan. Intinya, terbagi dalam tiga tahapan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sumber Energi Tambahan

Pertama, sebelum bertanding perlu persiapkan cadangan energi menjelang bertanding, yaitu dengan menjaga hidrasi tubuh. Kedua, saat pertandingan, kecukupan air dan sumber energi tambahan menjadi penting.  Alasannya, hal ini akan meningkatkan perfoma atlet agar tetap maksimal ketika bertanding.

Ketiga, setelah pertandingan, proses recovery energi juga penting bagi tiap atlet.  Proses ini digunakan agar meminimalkan terjadinya kelelahan serta cedera pada otot maupun bagian tubuh lainnya.

"Ini semua dirangkum jadi satu. Maka dari itu, jaga dan lengkapi zat gizi. Tapi lihat juga saat pertandingan, apakah di bawah satu jam atau setelah satu jam. Jadi pemberian cairan juga penting, dan ini bisa diberikan setiap 15 menit sekali," ungkapnya. 

3 dari 4 halaman

20 Tahun L-Men

Ajang PON XX Papua 2021 sendiri akan berlangsung pada 2 sampai 15 Oktober 2021. Lokasi penyelenggara PON XX Papua berada di empat wilayah, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Pekan Olahraga Nasional ini akan melibatkan 6.496 atlet dan sekitar 3.300 ofisial serta menggelar 37 cabang olahraga dan 679 nomor pertandingan atau perlombaan.

Tahun ini juga bertepatan dengan momentum ulang tahun L-Men ke-20 dan mereka menjadi Official Supporting Protein PON XX Papua. Menurut Brand Manager L-Men Jesaya Christian, hal ini wujud komitmen dan konsistensi L-Men dalam mendukung berbagai program dan inisiatif olahraga dan gaya hidup sehat di Indonesia.

"Kami bangga L-Men dipercaya sebagai Official Supporting Protein pada ajang PON XX,. Di ajang ini seuruh atlet akan bertanding dengan penuh semangat dalam mewakili daerahnya. Kami berharap dapat mendukung performa para atlet selama masa pertandingan nanti," tutur Jesaya.

4 dari 4 halaman

Infografis rekor PON XIX

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.