Sukses

Daftar Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2021 Versi Skytrax, Wakil Asia Mendominasi

Apakah Garuda Indonesia dapat gelar dari Skytrax tahun ini?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu maskapai penerbangan di Timur Tengah menjadi yang terbaik, meski di tengah pandemi Covid-19. Qatar Airways menempati posisi teratas dalam peringkat terbaru maskapai penerbangan terbaik dunia versi Skytrax.

Penghargaan terbaru maskapai yang berbasis di Doha ini menyusul kemenangan sebelumnya di penghargaan AirlineRatings.com tahun ini. Skytrax World Airline Awards dipilih oleh wisatawan melalui survei pelanggan, yang kali ini berlangsung dari September 2019 hingga Juli 2021. Wisatawan ditanya tentang kinerja dan kualitas lebih dari 350 maskapai global, dikutip dari laman CNN, Selasa, 28 September 2021.

Ini adalah keenam kalinya Qatar Airways memenangkan hadiah utama Skytrax. Nomor dua di daftar Skytrax jatuh ke Singapore Airlines, sementara ANA All Nippon Airways masuk di nomor tiga. Membulatkan lima teratas Skytrax adalah Emirates dan Japan Airlines.

Qatar Airways juga dianugerahi Kelas Bisnis Terbaik Dunia, Kursi Kelas Bisnis Terbaik Dunia, Maskapai Penerbangan Terbaik di Timur Tengah, Ruang Tunggu Maskapai Kelas Bisnis Terbaik Dunia, dan Katering Kelas Bisnis Terbaik.

"Jelas bahwa Qatar Airways telah mempertahankan standar inovasi dan standar layanan yang tinggi, baik di masa yang lebih normal maupun melalui pandemi global saat ini," kata CEO Skytrax Edward Plaisted dalam sebuah pernyataan tentang hasil tersebut. 

Ini merupakan tahun yang tidak biasa bagi industri penerbangan, dengan banyak maskapai penerbangan tetap dilarang terbang selama 18 bulan terakhir. Skytrax mengganti perayaan tatap muka yang biasa dilakukan dengan pengumuman online tahun ini. Pesawat Qatar Airways tetap cukup aktif di langit selama pandemi.

"Kami tidak pernah meninggalkan pelanggan setia kami ketika mereka sangat membutuhkan kami, kami terus terbang untuk membawa orang pulang dan menerapkan langkah-langkah keamanan hayati yang ketat untuk memberikan jaminan yang kuat bagi para pelancong, sambil terus berinovasi untuk memastikan kami tetap menjadi maskapai pilihan bagi jutaan penumpang di seluruh dunia," kata CEO Qatar Airways Akbar Al-Baker dalam sebuah pernyataan tentang kemenangan tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Kedua

Sementara, Singapore Airlines dinobatkan sebagai Maskapai Penerbangan Terbaik di Asia, dan memenangkan untuk Awak Kabin Terbaik, Kelas Satu Terbaik Dunia, Kursi Kelas Satu Terbaik Dunia, dan Katering Onboard Kelas Ekonomi Terbaik. Tempat ketiga, ANA Al Nippon Airways juga diakui sebagai rumah dari Kabin Maskapai Terbersih di Dunia, Layanan Bandara Terbaik Dunia, Staf Maskapai Terbaik di Asia dan Ruang Tunggu Kelas Satu Terbaik di Asia.

Skytrax mencatat bahwa "ada beberapa pergerakan naik turun dibandingkan hasil 2019, meskipun inti dari maskapai penerbangan masih mendominasi posisi yang lebih tinggi ini." Japan Airlines absen dari 10 besar Skytrax 2019, tetapi tahun ini masuk di nomor lima.

Sementara itu, Lufthansa dan Thai Airways yang berada di urutan sembilan dan 10 pada 2019, tahun ini turun masing-masing menjadi posisi 13 dan 23. Maskapai penerbangan hemat Singapura Scoot dinobatkan sebagai Maskapai Penerbangan Berbiaya Hemat Jarak Jauh Terbaik Dunia, sementara maskapai penerbangan Spanyol Vueling Airlines memenangkan Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik di Eropa, mengalahkan EasyJet.

Skytrax menobatkan Air France sebagai Maskapai Terbaik di Eropa, sementara maskapai nasional Prancis ini juga satu-satunya maskapai Eropa yang masuk ke dalam 10 besar. British Airways berada di urutan ke-11 dalam daftar keseluruhan, dan memenangkan Maskapai Terbaik di Inggris, juga sebagai Staf Maskapai Penerbangan Terbaik di Eropa dan Katering Onboard Ekonomi Premium Terbaik.

Di pasar AS, Delta Air Lines dinobatkan sebagai Maskapai Penerbangan Terbaik di Amerika Utara. Maskapai ini diakui untuk Kursi Maskapai Kelas Ekonomi Premium Terbaik, Kelas Bisnis Terbaik di Amerika Utara, dan Kelas Ekonomi Premium Terbaik di Amerika Utara.

3 dari 4 halaman

Daftar Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia

Maskapai Penerbangan Posisi Teratas di Dunia

1. Qatar Airways

2. Singapore Airlines

3. ANA All Nippon Airways

4. Emirates

5. Japan Airlines

6. Cathay Pacific

7. EVA Air

8. Qantas Airways

9. Hainan Airlines

10. Air France

 

Maskapai Penerbangan Kabin Terbersih di Dunia

1. ANA All Nippon Airways

2. Singapore Airlines

3. Japan Airlines

4. Qatar Airways

5. EVA Air

6. Cathay Pacific Airways

7. Asiana Airlines

8. Korean Air

9. Hainan Airlines

10. Swiss International Air Lines

 

Maskapai Terbaik menurut Wilayah Global 

Eropa Utara -- Finnair

Eropa Barat -- Air France

Eropa Timur -- Aeroflot Russian Airlines

Afrika -- Ethiopian Airlines

Australia / Pasifik -- Qantas Airlines

Asia Tengah / India -- Air Astana

China -- Hainan Airlines

Amerika Tengah / Karibia -- Copa Airlines

Amerika Selatan -- LATAM

Amerika Utara -- Delta Air Lines

Asia -- Singapore Airlines

Timur Tengah -- Qatar Airways

Eropa -- Air France

 

Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik Dunia

1. AirAsia

2. Southwest Airlines

3. Scoot

4. Vueling Airlines

5. IndiGo

6. EasyJet

7. Jetstar Airways

8. Ryanair

9. Jetstar Asia

10. Flynas

 

Awak Kabin Terbaik Dunia

1. Singapore Airlines

2. ANA All Nippon Airways

3. Thai Airways

4. Garuda Indonesia

5. Japan Airlines

6. Hainan Airlines

7. EVA Air

8. Asiana Airlines

9. Cathay Pacific Airways

10. Qatar Airways

 

Kursi Maskapai Terbaik

Ekonomi -- Japan Airlines

Ekonomi premium -- Delta Air Lines

Bisnis -- Qatar Airways

Kelas satu -- Singapore Airlines

4 dari 4 halaman

Industri Penerbangan Jadi Tumbal Ambruknya Rupiah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.