Kembalinya Sejumlah Rumah Mode Dunia ke Runway Fisik Paris Fashion Week 2022

Oleh Henry pada 29 Sep 2021, 04:01 WIB
Diperbarui 29 Sep 2021, 04:01 WIB
FOTO: Gelaran Paris Fashion Week di Tengah Pandemi COVID-19
Perbesar
Model Cara Delevingne mengenakan busana kreasi Fendi's Spring-Summer 2021 Haute Couture dalam acara Paris Fashion Week di Paris, Prancis, Rabu (27/1/2021). Paris Fashion Week 2021 diramaikan oleh deretan model ternama dunia. (AP Photo/Francois Mori)

Liputan6.com, Jakarta - Paris Fashion Week 2022 sudah mulai digelar sejak Senin, 27 September 2021 di Paris, Prancis. Sebagian sesi fashion show pekan mode bergengsi ini akhirnya mencicipi runway fisik setelah jeda pandemi yang panjang. Rumah mode ternama seperti Dior, Chanel, Hermes, dan Louis Vuitton tercatat ikut meramaikan acara yang akan berlangsung hingga 5 Oktober 2021 ini.

"Kami sangat gembira atas kembalinya mereka dan kehadiran sejumlah brand besar lainnya. Kami merasakan hasrat besar untuk acara yang diadakan langsung secara fisik," kata Kepala Federasi Prancis untuk Haute Couture and Fashion Pascal Morand pada AFP, Selasa (28/9/2021).

Pertunjukan langsungnya mengikuti gelaran serupa di pekan mode London, Milan, dan New York tahun ini, setelah sebagian besar desainer beralih ke ruang virtual tahun lalu karena pandemi Covid-19. Namun karena pandemi belum berakhir, masker wajah tetap wajib dikenakan untuk semua sesi acara pekan mode tersebut.

Ada 97 rumah mode yang terdaftar dalam Paris Fashion Week 2022. Meski begitu, sebagian besar partisipan tetap berpegang pada presentasi daring untuk koleksi busana perempuan Spring/Summer 2022 mereka.

Hanya sebagian kecil yang ingin kembali ke panggung peragaan busana. Ada rumah mode mode Givenchy yang akan mengadakan presentasi catwalk pertama di bawah arahan direktur artistik baru Matthew Williams.

Ada desainer Kenneth Ize dari Nigeria dan supermodel Naomi Campbell yang membuka pertunjukan pada Senin, 27 September 2021, di Palais de Tokyo. Rumah mode lain yang patut disoroti adalah Balenciaga, yang baru saja membuat heboh dengan merilis busana serba hitam yang menutupi seluruh bagian tubuh Kim Kardashian saat tampil di Met Gala 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sesi Penghormatan

Paris Fashion Week Ciptakan Alat untuk Mengukur Dampak Lingkungan dari Fashion
Perbesar
Paris Fashion Week mengembangkan dua alat baru guna mengukur dampak lingkungan dari fashion. (Foto: Unsplash.com/Armen Aydinyan).

Saint Laurent juga kembali ke panggung peragaan busana. Pada awal pandemi, mereka menjadi label besar pertama yang memutuskan keluar dari agenda Paris Fashion Week. Sedangkan, label besar yang masih absen adalah Celine.

Menurut direktur artistik Celine Hedi Slimane agenda pekan mode konvensional sudah "usang" di era media sosial. Label mewah utama dalam grup LVMH Prancis, Stella McCartney, juga tidak muncul minggu ini, meski mereka belum memberikan alasan.

Perhelatan Paris Fashion Week 2022 akan ditutup dengan sesi penghormatan kepada desainer Israel-Amerika Alber Elbaz yang meninggal April lalu karena komplikasi setelah terinfeksi Covid-19.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Personel BLACKPINK

Rose dan Jisoo BLACKPINK
Perbesar
Rose dan Jisoo BLACKPINK dijadwalkan menghadiri Paris Fashion Week 2022. (dok. Instagram @sooyaaa__/https://www.instagram.com/p/CUSTMnjlJDE/)

Dari sekian banyak nama, Paris Fashion Week 2022 dilaporkan kedatangan dua idol K-Pop populer. Mereka adalah Jisoo dan Rose BLACKPINK.

Melalui unggahan di akun Instagram-nya, Minggu, 26 September 2021, Jisoo mengabarkan ketibaannya di Paris dengan wefie bersama rekan grupnya, Rose. Keduanya terlihat mengambil foto berlatar Menara Eiffel.

Melansir allkpop, keempat personel BLACKPINK memang dikabarkan akan menghadiri Paris Fashion Week. Saat ini, masing-masing member BLACKPINK aktif sebagai duta global untuk beberapa rumah mode terkemuka Prancis.

Jisoo merepresentasi Dior, Lisa mewakili Celine, Rose adalah duta global untuk Yves Saint Laurent, dan Chanel sudah lebih dulu menggandeng Jennie. Sebelum Paris Fashion Week 2021, Rose sudah lebih dulu menarik perhatian ketika menghadiri Met Gala 2021, pertengahan bulan ini. Bersama CL, ia jadi artis K-Pop perempuan pertama yang tampil di acara bergengsi itu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Perbesar
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya