Sukses

Tips Membereskan Tumpukan Barang di Rumah

Sebagian orang kerap tidak memperhatikan barang yang tersimpan di rumah. Alhasil, rumah kerap berantakan yang dipenuhi oleh barang - barang. Solusinya adalah kamu perlu mengurangi jumlah barang yang menumpuk tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang kerap tidak memperhatikan barang yang tersimpan di rumah. Alhasil, rumah kerap berantakan yang dipenuhi oleh barang - barang. Solusinya adalah kamu perlu mengurangi jumlah barang yang menumpuk tersebut.

Akan tetapi, membenahi rumah tidak sama laiknya membalikan telapak tangan. Kadang butuh waktu lama untuk membersihkan rumah. Untuk itu berikut tips panduan membersihkan rumah dari barang memnumpuk.

Mencicil

Ingat, membenahi rumah tidak akan selesai dalam waktu sehari. Maka dari itu, Anda bisa cicil mulai dari sekarang. Mulailah mencicil dengan cara membersihkan bagian demi bagian rumah, seperti ruang tamu, ruang keluarga, atau dapur terlebih dahulu.

Utamakan ruang-ruang yang akan diakses oleh tamu. Ganti sofa yang sudah tidak layak pakai, atau ganti pelapisnya. Untuk pelitur perabot kayu, rawat dengan pemoles instan.

Prioritaskan sebagian barang

Untuk menghemat waktu, utamakan untuk membersihkan hal-hal yang penting dari hunian. Nah, Anda bisa bayangkan ruangan mana saja yang sering didatangi tamu saat lebaran. Ya, ruang tamu, dapur, dan toilet.

Anda bisa memulai membersihkan rumah dari salah satu ruangan tersebut. Untuk dapur, Anda bisa membersihan dari sela-sela kompor gas dan rak piring. Bersihkan dengan lap basah dan kering.

Setelah dapur pindah ke kamar mandi. Kamar mandi merupakan ruang yang wajib dibersihkan. Sebelum membersihkan toilet, terlebih dulu siram cairan pembersih porselain atau keramik ke seluruh lantai kamar mandi. Diamkan selama beberapa menit.

Setelah itu baru Anda benahi ruang tamu. Anda bisa memulai dengan menganti alas meja ruang tamu. Atau bisa menganti sofa lama dengan yang baru. Jangan lupa cuci atau ganti tirai jendela pada ruang tamu. Anda bisa padukan dengan warna-warna yang cerah agar tamu merasa nyaman saat datang.

Memilih yang masih layak digunakan

Setelah Anda membenahi ruangan-ruangan tersebut, tak ada salahnya Anda memisahkan perabotan atau barang-barang yang sudah tak terpakai. Pilihlah barang bekas tersebut, lalu pisahkan. Jangan langsung dibuang. Siapa tahu Ada beberapa barang yang masih mempunyai nilai. Nah, seperti sofa bekas yang ada di ruang tamu, sepatu dan tirai jendela.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini