Sukses

Di Balik Keberhasilan Fia Membuat Ayam Ungkep Flofrozenfood

Usahanya yang kini memasuki tahun keempat itu berhasil dia kembangkan cukup banyak rintangannya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika merintis usaha, setiap pengusaha pasti kerap mengalami banyak tantangan. Hal itu lumrah terjadi dalam dunia bisnis, seperti yang dialami Fia, pemilik Flofrozenfood. 

Sebelum membuka usaha frozen food, Fia adalah seorang sales di sebuah pusat perbelanjaan. Fia pun memutuskan membuka usaha kulinernya sendiri, berbekal hobi memasak dan hasil belajar dari Youtube, ditambah ilmu yang didapat dari temannya yang berprofesi sebagai chef.

Usahanya tentu tak semulus jalan tol. Ada saja masalah yang datang. Namun hal itu tak membuatnya menyerah. Keuletannya menjadi kunci usahanya bisa bertahan.

Sempat Rugi Puluhan Juta Rupiah

Sebelum memberi nama Flofrozenfood, Fia mengaku sempat berganti nama. Brand Qaqa Berkah Jaya ini akhirnya diberi nama Flofrozenfood di platform penjualan online.

Bolak-balik ganti nama teratasi, namun muncul masalah baru. Mulai banyak yang iri hingga produknya ditiru orang lain. 

"Suka dukanya jualan ini banyak banget. Pernah rugi puluhan juta karena penjualan sepi. Waktu penjualan ramai juga diiriin orang," kata Fia saat berbincang dengan ManisdanSedap.com.

Berbagi Sedekah Jumat

Usahanya yang kini memasuki tahun keempat itu berhasil dia kembangkan cukup banyak rintangannya. Hasil penjualannya pun tak hanya dinikmatinya sendiri. Fia melakukan kegiatan sosial Sedekah Jumat untuk berbagi dengan sesamanya.

Setiap hari Jumat, Fia melakukan bagi-bagi nasi ke beberapa panti asuhan atau yayasan. Sedekah Jumat yang sudah berjalan 3 tahunan ini dia yakini bisa membuka jalan rezekinya.

"Sebenarnya, orang-orang banyak yang kaget melihat jualan saya yang pas-pasan tapi bisa bagi-bagi nasi setiap Jumat. Mulai dari itu usaha saya ramai pembeli, baik orang pesantren atau orang-orang sekitar," kata Fia yang kini juga bergabung menjadi seller di ManisdanSedap.com.

Sedekah Jumat ini dilakukan secara bergiliran ke yayasan atau panti asuhan yang berbeda. Walaupun Flofrozenfood berada di Depok, Sedekah Jumat yang dilakukan Fia sampai ke daerah lain, seperti Lebak Bulus, Cinere, hingga Bogor.

"Dulu awal hanya ke masjid saja, untuk orang selesai salat Jumat. Akhirnya saya keliling untuk bagi-bagi. Biar lancar dan berkah," cerita Fia yang memiliki background pendidikan Broadcasting.

Mimpi Besar Buka Rumah Produksi Ayam Frozen Terkenal

Sementara itu, tak hanya berbagi setiap hari Jumat, Fia juga punya mimpi dan rencana besar untuk dirinya dan orang-orang sekitarnya. Dia ingin membuat rumah produksi olahan ayam beku yang terkenal di seluruh Indonesia. Sehingga dia bisa memiliki kios-kios frozen food dan rumah makan ayam bakar.

"Saya juga punya mimpi semoga ke depannya saya bisa punya pesantren yatim, biar terus bisa berbagi," katanya.

Ayam Bakar Rempah Dipesan Lewat ManisdanSedap.com

Saat ini, menu andalan Flofrozenfood adalah ayam bakar bumbu rempah sambal ijo dan alpukat kocok. Ayam bakar tersebut diolah menggunakan bumbu rempah secara tradisional. Sedangkan alpukat kocoknya, dibuat menggunakan alpukat mentega kualitas super.

Itu karena bentuknya frozen, menu andalannya ini bisa dikirim ke mana saja dari Depok. Begitu juga dengan alpukatnya. Sebab, selain menu frozen Flofrozenfood juga merupakan supplier alpukat dan mangga.

"Ayamnya frozen, jadi nanti tinggal dipanaskan pakai teflon saja. Mudah kok," lanjut Fia.

Menu Flofrozenfood saat ini bisa dipesan melalui ManisdanSedap.com. Sebagai etalase bagi para pelaku UMKM, para pecinta kuliner bisa menemukan berbagai menu manis dan sedap di website ini.

ManisdanSedap.com sendiri adalah bagian dari KapanLagi Youniverse (KLY). Merupakan Digital Media Network, KLY menaungi media seperti Liputan6.com, Merdeka.com, Kapanlagi.com, Fimela.com, Dream.co.id, Brilio.id, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini