Sukses

3 Manfaat Memakai Skincare bagi Kesehatan Mental

Menggunakan rangkaian perawatan kulit sederhana ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi skincare routine atau rutinitas perawatan kulit makin sering dibagikan. Tujuannya tentu untuk merawat kulit agar sehat dan bisa berfungsi dengan baik.

Yang jarang diketahui, perawatan kulit juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Langkahnya tidak rumit, hanya diperlukan tiga tahap saja.

Untuk pagi hari biasanya terdiri dari pembersih, pelembab, dan tabir surya. Sementara, di siang hari atau kombinasi dari pembersih, serum, dan pelembab di malam hari.

Dalam memakai rangkaian skincare, kuncinya adalah konsistensi dan pastikan untuk mengikuti rutinitas perawatan kulit setiap harinya. Sebaiknya perawatan kulit ini termasuk dalam daftar prioritas. Dikutip dari Psychreg, Senin (27/9/2021), berikut tiga manfaat skincare bagi kesehatan mental:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dapat Mengurangi Stres

Stres kronis dapat berdampak parah pada kesehatan mental. Begitu pula dengan stres jangka panjang yang terbukti meningkatkan risiko kecemasan, depresi, masalah tidur, dan masalah penyalahgunaan zat.

Solusi terbaik adalah menjaga tingkat stres serendah mungkin. Para ahli telah menemukan bahwa mengikuti rutinitas perawatan dengan tiga langkah sederhana dapat menurunkan hingga 83 persen jumlah kortisol, atau yang dikenal sebagai hormon stres, dalam tubuh.

Selain rutinitas perawatan kulit yang menenangkan, cara memijat wajah saat mengaplikasikan produk dapat menurunkan detak jantung dan mengurangi perasaan cemas.

3 dari 5 halaman

2. Stabilitas Otak

Ketika pandemi masih merajalela di banyak bagian dunia, kehidupan umumnya tidak dapat diprediksi seperti biasa. Semua ketidakpastian ini menyebabkan kekacauan di otak yang dengan cepat dapat memengaruhi kesehatan mental.

Otak pun membutuhkan struktur dan stabilitas untuk memungkinkannya rileks. Kebiasaan dan rutinitas dapat membantu menenangkan pikiran, dan memberi perasaan memegang kendali. Rutinitas perawatan kulit sederhana bisa menjadi awal yang baik.

4 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Pandangan hidup yang lebih positif, dan semua hal positif itu adalah pendorong kesehatan mental yang besar. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri, salah satunya dengan merawat kulit secara rutin.

Tindakan sederhana yang meluangkan waktu berharga untuk memelihara kulit, akan meningkatkan perasaan percaya diri. Namun, untuk merawat kulit sebagai terapi peningkatan kesehatan mental, dapat menambahkan rangkaian skincare, mulai dari masker wajah, serum untuk regenerasi kulit hingga krim mata ke rutinitas perawatan kulit setiap minggunya.

 

Penulis : Vania Dinda Marella

5 dari 5 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.