Sukses

Rindu Ajang Lari dan Bersepeda? Kompetisi Virtual Jadi Opsi Kala Pandemi

Pecinta olahraga, terutama lari dan bersepeda dapat disalurkan melalui kompetisi virtual yang mayoritas digelar di masa pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Adaptasi di kala pandemi Covid-19 terjadi pada berbagai kegiatan. Termasuk bagi para pecinta olahraga yang dapat menyalurkan kerinduan ikut ajang olahraga seperti lari dan bersepeda melalui kompetisi virtual yang tak jarang digelar.

Salah satu kompetisi virtual yang bakal terselenggara adalah Virtual Run and Ride kolaborasi NIVEA Sun dan VIT8+. Senior Brand Manager NIVEA Sun Dian Nuzulia menyampaikan olahraga jadi hal penting dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

Pihaknya melihat olahraga yang begitu diminati kala pandemi adalah lari dan bersepeda. Kolaborasi dengan label air minum tersebut terjalin dengan sebuah misi.

"Kita mengadakan virtual untuk menyemangati masyarakat menjalani hidup sehat dan aktif. Diharapkan masyarakat aktif berolahraga dan menantang teman-teman lebih seru karena virtual, physical distancing jadi aman," kata Dian dalam virtual media briefing, Senin (27/9/2021).

Dian menambahkan pihaknya juga ingin mengingatkan bahwa kesehatan tidak hanya fisik, tetapi juga pikiran dan spirit. Pihaknya mengajak masyarakat lebih sehat, bahagia, dan menikmati matahari tanpa lupa menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan sunscreen agar terlindung dari bahaya sinar UV.

"Virtual ini ada dua dan bisa dipilih, yakni run and ride. Untuk lari itu 50 kilometer dan ride atau bike itu 100 kilometer. Tantangannya mulai 1--17 Oktober. Jangan khawatir, (jumlah) ini akumulatif," tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Kompetisi Virtual

Kompetisi virtual ini dapat diselesaikan dalam sekali atau beberapa kali aktivitas selama periode yang ditentukan. Ajang ini menggunakan pelacak aktivitas Strava dan Garmin yang harus dihubungkan dengan platform Jawara VR.

Untuk mengikuti kompetisi virtual, peraih medali emas SEA Games 2019 cabang olahraga duathlon Jauhari Johan berbagi beberapa tips. "Persiapkan mental karena banyak yang semangat di awal ujung-ujungnya enggak sampai selesai," jelasnya.

Sang atlet mengingatkan untuk pemanasan sebelum berolahraga. Periode kompetisi virtual bisa dikatakan cukup panjang, hal ini memungkinkan agar pecinta olahraga dapat mengatur waktu olahraga dan tentunya beristirahat.

"Terlalu banyak olahraga rawan cedera karena memaksa kondisi tanpa jeda istirahat. Maka, atur waktu, kapan olahraga. Jangan push dari awal, setelah itu tidak olahraga lagi. Lakukan secara bertahap," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Pemakaian Sunscreen

Dian juga menjelaskan bahwa matahari berdampak positif bagi tubuh. Masyarakat diimbau berjemur karena banyak manfaat yang didapat.

Namun, matahari juga memiliki sinar UV yang berdampak negatif bagi kulit. Dikatakan Dian, sinar UVB dapat menyerap ke epidermis yang dampaknya seperti kulit terbakar, sedangkan sinar UVA lebih berbahaya karena dapat menyerap ke lapisan dermin yang lebih dalam.

"Sinar UVA dapat menyebabkan kerutan, kusam, noda hitam, dan paling parah kanker kulit. Karena, sinar ini bisa menembus kaca rumah," jelas Dian.

Guna menekan risiko tersebut, Dian menyarankan untuk menggunakan sunscreen agar kulit terlindungi dari sinar UVA dan UVB. Ia menyebut, tak lupa untuk memastikan memilih suncreen yang tepat sesuai kebutuhan.

"Cara pemakaian sunscreen untuk wajah dengan dua ruas jari, diaplikasikan ke seluruh wajah. Tubuh walaupun tertutup, tetap dipakai seperti di tangan dan kaki masing-masing satu sendok teh," tambahnya.

Dian menyebut sunscreen digunakan sesuai kebutuhan, seperti SPF 30 dan 50 saat berada di dalam rumah. Jika sedang olahraga dapat menggunakan SPF 30, namun jika durasi olahraga lumayan lama dan jauh jaraknya, dapat menggunakan sunscreen dengan SPF 50 atau 50+.

"Pakai sunscreen 30 menit sebelum beraktivitas agar terserap dengan baik ke kulit. Sesudah empat jam, re-aplikasi sunscreen," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.