Sukses

Dari Batik hingga Hari Kemerdekaan Indonesia, Google Doodle Juga Melokal

Google Doodle umumnya bernuansa lokal di perayaan tertentu seperti Hari Sumpah Pemuda

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Senin (27/9/2021), laman depan Google dihiasi Doodle kue dan lilin sebagai perayaan ulang tahun ke-23 mesin pencari raksasa tersebut. Ilustrasinya menampilkan sebuah kue ulang tahun cokelat bertuliskan "23" yang lilinnya menyala dan menggantikan huruf "L" di kata "Google."

Bukan edisi perdana tentunya, mengingat Google Doodle juga sering kali membuat ilustrasi untuk memperingati hari-hari penting di Indonesia. Dikutip dari Google, Senin (27/9/2021), berikut beberapa Google Doodle yang bernuansa lokal Indonesia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Pada 28 Oktober 2016 saat peringatan Hari Sumpah Pemuda, Google Doodle menampilkan ilustrasi gambar pemuda memakai baju adat. Dalam keterangannya, Google menampilkan kata-kata yang pertama kali diucapkan sekelompok pemuda nasionalis Indonesia dalam Kongres Pemuda II.

Kongres Pemuda yang dimulai di Jakarta pada 1926 ini berlangsung untuk menyebarkan gagasan Indonesia bersatu. Selanjutnya pada kongres kedua, yang diadakan dua tahun kemudian, di tiga lokasi berbeda, menjadi deklarasi sumpah pemuda. Kongres Pemuda II ditutup dengan pembacaan Sumpah Pemuda, kata-kata yang digunakan sebagai simbol nasionalisme saat ini.

3 dari 5 halaman

2. Hari Batik Nasional

Pada 2 Oktober 2019, Google Doodle menampilkan ilustrasi batik dominan berwarna biru, emas, dan putih dalam tiga motif berbeda. Selain memperkenalkan kain batik sebagai salah satu warisan budaya lokal, peringatannya juga tentang menghormati para perajin terampil yang menciptakannya.

Indonesia telah dikenal dengan kain batiknya sejak abad ke-4 atau ke-5, dan dapat dikatakan bahwa teknik dan desain pewarnaan batik Indonesia sama banyaknya dengan pulau-pulaunya. Desain dan warnanya bervariasi sesuai suku yang tersebar di berbagai pulau.

Kata 'batik' berasal dari kata Jawa 'amba,' berarti 'menulis,' akhiran 'titik' berarti titik kecil atau membuat titik. Dalam sebuah naskah di atas daun lontar yang berasal dari sekitar tahun 1520 masehi yang ditemukan di Galuh, Cirebon , tertulis bahwa batik juga berarti 'seratan,' yang dalam bahasa Jawa berarti 'tulisan.'

4 dari 5 halaman

3. Hari Kemerdekaan Indonesia

Setiap tahunnya Google Doodle merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 17 Agustus. Ilustrasi Google Doodle yang ditampilkan tahun ini dibuat oleh Kathrin Honesta, yang menggambarkan ragam kesenian lokal.

Setiap huruf "Google" diubah menjadi beragam unsur-unsur umum dalam perayaan Hari Kemerdekaan, mulai dari Sasando, alat musik harpa senar sembilan yang terbuat dari bambu dan daun lontar asli Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Terdapat ilustrasi orang yang sedang memainkan digambarkan termasuk Rebana, topeng Hudoq dari Kalimantan, penari kipas Pakarena dari Sulawesi, sebuah Tifa, alat musik perkusi dari Maluku, dan gambus atau kecapi dari Sumatra. Doodle ini mencerminkan identitas multikulturalnya yang terinspirasi dari slogan "Bhineka Tunggal Ika."

Selain hari-hari peringatan penting di Indonesia, masih terdapat beberapa Google Doodle yang melokal, seperti pada saat hari ulang tahun tokoh-tokoh inspiratif dari Indonesia dan masih banyak lainnya.

 

Penulis : Vania Dinda Marella

5 dari 5 halaman

Infografis Google dan Facebook

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.