Terlihat Sepele, Tapi Ini Cara Jemur Pakaian yang Benar

Oleh stella maris pada 27 Sep 2021, 07:03 WIB
Diperbarui 27 Sep 2021, 07:03 WIB
[Fimela] menjemur pakaian
Perbesar
ilustrasi menjemur pakaian | pexels.com/@mali

Liputan6.com, Jakarta Saat masih kecil, kita bahkan sering diajarkan orang tua untuk mencuci pakaian sendiri. Kini, bisa dibilang kita menjadi 'ahli' soal urusan cuci mencuci. 

Lantaran menjadi salah satu aktivitas yang rutin dilakukan, ternyata hal yang berkaitan dengan mencuci juga ada caranya lho. Yup, ketika mencuci pakaian, cuaca panas dari sinar matahari tentu akan membantu mengeringkan hasil cucian dengan cepat.

Namun ternyata, hanya sekadar menjemur saja belum cukup jika ingin pakaianmu berumur panjang dan nggak mudah kusut. Dikutip laman Ace Clean, ada beberapa cara menjemur pakaian yang bisa kamu ikuti berikut ini: 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jangan Terlalu Dekat

Yup saat menjemur pakaian, pastikan kamu menggantungnya dengan memberikan ruang alias memberi jarak antara satu pakaian dengan pakaian lain. Selain jarak, kamu juga harus mengatur pakaian mana yang akan dijemur.

Misalnya ada pakaian lengan panjang. Ada baiknya kamu nggak menjemur pakaian tersebut dengan pakaian berlengan panjang atau tebal lainnya. Itu karena, jika berjejer jemuran berpakaian tebal, udara akan sulit masuk.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jemurlah Berdasarkan Jenis Pakaian

Jika kamu biasanya menjemur pakaian dengan cara menggantungnya, cobalah untuk melakukannya dengan cara yang benar. Untuk kemeja, gantungkan disejajarkan dengan garis bahu untuk mencegah kusut dan nggak gampang melar.

Nah untuk pakaian rajut atau bahan tebal lain, ada baiknya menjemur tanpa gantungan karena dapat membuat serat kain dalam pakaian menjadi turun.

Sebaiknya jemur dengan cara seperti kamu menjemur sprei, handuk atau kain di tiang gantungan, atau diselipkan di bagian bawah hanger dengan cara seperti dilipat.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Poin Ini Penting Agar untuk Warna Pakaian

Usahakan untuk menjemur pakaian dengan cara membaliknya sehingga bagian dalam menjadi bagian terluar. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga warna pakaian agar tidak pudar akibat sinar matahari langsung, terutama warna-warna yang gelap seperti hitam, marun atau biru donker.

Nah biar pakaian nggak cepat pudar, selain menjemur kamu juga perlu memperhatian deterjen yang digunakan saat mencuci ya.

Pastikan kamu menggunakan deterjen yang dapat mempertahankan warna pakaian agar tetap stand out dan wangi sepanjang hari. Pilih juga deterjen yang sudah mengandung pelembut pakaian.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya