Sukses

JF3 2021 Digelar Hybrid, Pamerkan Produk Lokal Terkurasi dengan Terapkan Protokol Kesehatan

Jakarta Fashion and Food Festival (JF3) 2021 kembali digelar di tengah pandemi sebagai upaya bangkit bersama untuk mendukung industri lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, PT Summarecon Agung Tbk kembali menggelar Jakarta Fashion & Food Festival (JF3). Di usianya yang ke-17, JF3 hadir pada 23 September 2021 hingga 10 Oktober 2021 di Summarecon Mall Kelapa Gading, Summarecon Mall Serpong, Summarecon Mall Bekasi.

"Kami berharap penyelenggaraan JF3 tahun ini, dapat memberikan kontribusi nyata bagi para UKM di industri kreatif lokal, yang tentunya sangat membutuhkan dukungan agar usaha mereka terus berjalan. Seiring dengan beroperasinya kembali pusat perbelanjaan, maka kami pun ingin para UMKM ini untuk dapat berusaha kembali," ujar Chairman JF3, Soegianto Nagaria, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis, 23 September 2021.

Soegianto menambahkan, pihaknya juga berupaya agar mereka dapat menjangkau masyarakat lebih luas melalui program-program yang diselenggarakan berbasis digital. "Selain itu, melalui presentasi Lakon Indonesia : Gantari, The Final Journey to Java, kami berharap dapat pula memberikan kontribusi bagi para pengrajin dan UMKM di Jawa, agar kita dapat bangkit bersama dan terus bertumbuh," kata Soegianto.

JF3 mengajak seluruh elemen bangsa untuk bergandeng tangan bersama, membangkitkan kembali industri mode tanah air, dengan memberikan manfaat nyata dan langsung kepada seluruh pelaku industri kreatif. "Setelah hampir dua tahun kita semua dalam situasi penuh keterbatasan, tentunya penyelenggaraan JF3 ini menjadi salah satu program yang banyak dinantikan, baik oleh masyarakat umum maupun para pelaku industri kreatif," imbuh Soegianto.

JF3 terus berkomitmen untuk mendukung industri kreatif lokal berbasis budaya dengan penyelenggaraan event berkualitas. Dalam situasi pandemi ini, seluruh event JF3 ini tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Selain itu, pembatasan jumlah pengunjung dan pengaturan jarak antara peserta pameran diberlakukan dengan ketat, serta penggunaan aplikasi PeduliLindungi menjadi syarat utama bagi pengunjung. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat terus beraktivitas dengan aman dan nyaman sebagai upaya beradaptasi terhadap situasi pandemi yang belum usai.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangkit Bersama

Acara yang mengusung kampanye #JF3TogetherWeAreStronger ini dibuka dengan menghadirkan eksibisi Fashion Village di area koridor MKG 3 selama 18 hari. Pameran ini menampilkan 50 pelaku usaha skala kecil dan menengah yang terpilih melalui sistem kurasi yang sangat ketat.

Beragam hasil karya industri lokal akan ditampilkan, seperti kain, busana siap pakai, aksesori, dan lain-lain. Karya tersebut merupakan hasil inspirasi dari kekayaan budaya Nusantara dengan sentuhan trend mode terkini, yang dapat langsung dikunjungi masyarakat.

Masyarakat juga bisa berbelanja lewat program Virtual Shopping. Program ini dapat dinikmati melalui Instagram Live yang ditayangkan serentak di akun JFFF, Summarecon Mall Kelapa Gading, Summarecon Mall Serpong, dan Summarecon Mall Bekasi. Berbagai aktivitas digital lainnya juga digelar untuk memeriahkan JF3 ini seperti IG Live, talkshow, tips dan trick style dari para stylist terpilih.

Di penghujung JF3 kali ini, pada 9 Oktober 2021, JF3 berkolaborasi dengan Lakon Indonesia akan menghadirkan presentasi Gantari, The Final Journey to Java, hasil kerja sama Lakon Indonesia dengan para pengrajin kain di Jawa, artisan, seniman, desainer fesyen, dan arsitek. Mereka akan mempresentasikan koleksi terbarunya dipadukan dengan budaya dan tradisi Indonesia yang memiliki nilai sangat tinggi dan dapar disaksikan melalui streaming di akun media sosial JF3

 

3 dari 4 halaman

Fashion Village

Fashion Village tahun ini terbagi menjadi tiga area berbeda, dengan menghadirkan tema Selasar Nusantara, Bazar Mode, dan Padu Padan Lokal. Berikut tiga tema yang dihadirkan tersebut.

Selasar Nusantara

Menghadirkan berbagai koleksi untuk para pecinta kain tradisional premium. Beberapa koleksi tersebut di antaranya Batik Marunda, Batik Madura, Batik khas Jambi, hingga Tenun Garut.

Bazar Mode

Area ini menghadirkan berbagai busana siap pakai yang praktis, mulai dari busana batik hingga hijab untuk sehari-hari. Bazar tersebut juga dilengkapi dengan kudapan kekinian yang saat ini banyak diminati masyarakat untuk dinikmati bersama teman atau keluarga.

Padu Padan Lokal

Area ini menghadirkan berbagai produk-produk dengan sentuhan etnik berkualitas. Produk tersebut sangat menarik untuk dipadupadankan dari ujung rambut hingga ujung kaki.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.