Sukses

Siap Berwisata ke Kota-Kota Teraman di Dunia?

Indeks Kota Aman 2021 memberi peringkat pada 60 kota berdasarkan 76 indikator keselamatan.

Liputan6.com, Jakarta - Economist Intelligence Unit (EIC) baru-baru ini merilis daftar tahunan kota teraman di dunia. Indeks Kota Aman 2021 memberi peringkat pada 60 kota berdasarkan 76 indikator keselamatan.

Beberapa di antaranya adalah infrastruktur, kehidupan digital, keamanan pribadi, faktor lingkungan, dan kesehatan, dengan penambahan kesiapsiagaan pandemi dan kematian Covid-19 juga disertakan tahun ini. Kota-kota yang menduduki puncak daftar adalah Copenhagen, Toronto, Singapura, Sydney, dan Tokyo, seperti dilansir dari laman Indian Express, Jumat (8/10/2021).

Copenhagen

Ibu Kota Denmark, yang mengantongi predikat "kota teraman di dunia" kali ini, ditemukan sangat tinggi pada aspek keamanan lingkungan, termasuk kualitas udara, pengelolaan limbah, dan tutupan hutan kota, menurut BBC. Selain itu, pembatasan pandemi juga telah sepenuhnya dicabut.

Menurut news4sanantonio.com, kota ini juga memiliki tingkat kejahatan yang rendah dan kesenjangan kekayaan yang relatif sempit. Sesuai visitcopenhagen.com, kota ini paling baik dijelajahi dengan sepeda.

Kaya akan sejarah kerajaan, kota tersebut dihiasi jalan-jalan berbatu, istana, dan artefak. Copenhagen juga merupakan rumah bagi museum terbuka tertua dan terbesar di dunia.

Belum lagi taman hijau yang rimbun dan bisa langsung menaikkan mood. Anda juga akan menemukan berbagai tempat makan, mulai dari bistro hingga restoran berbintang Michelin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Toronto

Kota terbesar di Kanada ini dikenal memiliki infrastruktur dan keamanan lingkungan yang kuat. Warganya juga membanggakan sejarah multikulturalisme, dengan sekitar 200 kelompok etnis yang tinggal di sana.

Bagi penggemar gedung pencakar langit, Anda akan menyaksikan salah satu menara tertinggi di sana. Selain itu, Anda dapat berjalan menyusuri blok wilayah yang unik dan menikmati makanan mewah di restoran eksotis.

Semua pelancong yang divaksinasi lengkap sekarang dapat memasuki Kanada untuk tujuan non-esensial. Mereka harus memberikan tes negatif Covid-19 sebelum masuk, memberikan informasi kesehatan melalui ArriveCAN, dan membawa bukti vaksinasi.

Singapura

Wilayah ini membanggakan keamanan digital, kesehatan, dan infrastruktur yang canggih. Ini adalah rumah bagi ruang hijau subur dan tempat-tempat wisata yang tenang di Pulau Coney. Pada saat yang sama, Anda juga dapat menyaksikan Marina Bay Sands yang menjulang tinggi atau pusaran hujan Jewel Changi Airport.

3 dari 4 halaman

Sydney

Selain sebagai 10 kota teratas dalam keamanan kesehatan, Sydney juga menempati peringkat nomor satu dalam keamanan digital. Di antara proyek ramah lingkungannya, baru-baru ini, ada Living Seawall di Harbour Bridge untuk menciptakan habitat mikro bagi siput dan kepiting kecil.

Di satu sisi ada pantai seperti Bondi dan Manly atau pemandangan Blue Mountains yang spektakuler. Di sisi lain, Anda dapat mengunjungi Opera House yang ikonis, museum dan galeri, serta menikmati beberapa hidangan lokal.

Tokyo

Ibu kota Jepang, yang baru-baru ini menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas, berada di urutan teratas daftar indeks keamanan yang sehat. Menurut BBC, negara itu, setelah mencabut pembatasan Covid-19 secara bertahap, berharap dapat mendorong penggunaan paspor vaksin.

Kota ini juga masuk lima besar daftar keamanan infrastruktur. Sebuah kota walkable terhubung dengan kereta api, Tokyo mendorong berjalan kaki dan keterlibatan masyarakat.

Kota ini dipenuhi dengan kuil kuno dan gedung pencakar langit. Anda dapat mengunjungi Senso-ji, kuil Buddha kuno, pasar ikan besar Tsukiji, Taman Nasional Shinjuku Gyoen yang menakjubkan, di antara beberapa pusat wisata lain.

Jika Anda adalah penggemar wisata kuliner, jangan lupa mencoba makanan asli Jepang. Restoran di sana juga semakin banyak melayani vegetarian dan vegan. 

4 dari 4 halaman

Infografis Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.