Sukses

Di Balik Kulit Ikan yang Berlemak Ternyata Ada Kelezatan dan Kaya Manfaat

Ternyata kulit ikan tidak semenakutkan yang dibayangkan. Kulit ikan juga mengandung protein, omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Ikan menjadi santapan paling disukai dan sangat mudah untuk dijumpai. Tapi tidak sedikit orang yang cenderung mengabaikan kulit ikan dan lebih fokus menyantap daging ikannya. Padahal, soal nutrisi, kulit ikan tak kalah dengan bagian dagingnya, enak disantap dan banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Selama memilih ikan yang bebas merkuri atau kadar merkurinya rendah dan sudah dibersihkan dengan benar, sisik luarnya sepenuhnya dihilangkan, serta dimasak dengan benar maka kulit ikan akan aman untuk dimakan. Bahkan menjadi camilan populer di banyak negara dan budaya.

Menurut dr. Devia Irine Putri, sama dengan dagingnya, kulit ikan juga mengandung protein, omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh.

"Tapi, pada beberapa jenis ikan yang kulitnya mengandung merkuri justru jadi harus dihindari," saran dr. Devia Irine. 

Umumnya, kulit ikan berlemak mengandung beberapa nutrisi berikut protein, asam lemak omega-3, vitamin D dan E, yodium, selenium, taurin. Dengan sejumlah kandungan itu, berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi kulit ikan yang telah diolah dengan baik dan porsi yang cukup, seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Membangun Jaringan Otot

Di dalam lendir kulit ikan banyak proteinnya. Protein merupakan nutrisi penting yang berfungsi sebagai bahan pembangun jaringan di tubuh manusia, seperti otot.

Protein tinggi dapat membantu meningkatkan kesehatan dengan mengurangi risiko gangguan tertentu seperti pertumbuhan terhambat, kadar zat besi yang rendah, dan risiko pembengkakan dalam tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Dukung Kesehatan Kulit

Kulit ikan merupakan sumber kolagen dan vitamin E yang baik. Keduanya dapat membuat kulit kita jadi lebih sehat saat dikonsumsi rutin.

3. Lindungi Kesehatan Jantung

Di kulit ikan berlemak terdapat kadar asam lemak omega-3 tinggi yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi asam lemak omega-3 di kulit ikan, dapat bermanfaat melindungi kesehatan jantung, kehamilan yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit otak.

Untuk mendapatkan manfaat dari kulit ikan, ketahui cara mengolah ikan yang benar. Cobalah metode memasak menggunakan pan frying atau dipanggang dengan suhu tinggi. Pastikan kulit ada di bagian bawah daging atau menyentuh pan, tujuannya agar kulit punya tekstur renyah.

Rasa kulit ikan tergantung dari jenis ikannya. Ikan yang dikenal memiliki kulit yang lezat adalah yang berjenis bass, barramundi, flounder, mackerel, salmon, dan kakap. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini