Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Aturan PPKM Terbaru, Anak di Bawah 12 Tahun Harus Tes Antigen untuk Masuk Hotel

Top 3 Berita Hari Ini tentang aturan PPKM terbaru, Sandiaga Uno, dan Presiden Brasil.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2--4 di Jawa Bali diperpanjang mulai 21 September 2021 hingga 4 Oktober 2021. Dalam aturan tersebut anak-anak di bawah umur 12 tahun ke bawah diizinkan masuk mal atau pusat perbelanjaan.

Aturan diteken Mendagri Tito Karnavian pada 20 September 2021. "Penduduk dengan usia di bawah 12 tahun dilarang memasuki pusat perbelanjaan/mal/ pusat perdagangan, kecuali di Provinsi DKI Jakarta, Kota Bandung, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya dengan syarat didampingi orangtua," demikian bunyi Inmendagri yang dikutip Liputan6.com dari salinannya, Selasa (21/9/2021).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan pelaksanaan uji coba pembukaan 20 tempat wisata selama PPKM Level 3 dan 2 menunjukkan hal positif. Dia menyatakan pemerintah akan menambah jumlah tempat wisata yang diujicobakan dari 20 yang sudah berjalan.

Ia berharap penerapan platform PeduliLindungi menjadi standar baru yang membawa angin segar untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. "Kita terus akan mensosialisasi dan mengimbau masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan disiplin," kata dia.

Dari luar negeri, perhatian tertuju pada potret Presiden Brasil Jair Bolsonro dan rombongannya yang menyantap pizza di trotoar di Kota New York. Peristiwa tersebut terjadi jelang Sidang Umum PBB ke-76.

Unggahan tersebut mendapat sorotan banyak pihak, tak terkecuali novelis, Paulo Coelho. "Aib Brasil: presiden, yang menolak untuk divaksin, terpaksa makan pizza di jalan, karena tidak ada restoran di NYC yang mengizinkannya masuk." Semua bahasan ini terangkum dalam Top 3 Berita Hari Ini.

Aturan PPKM Terbaru, Anak di Bawah 12 Tahun Harus Tes Antigen untuk Masuk Hotel

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 2-4 di Jawa Bali mulai 21 sampai 4 Oktober 2021. Dalam aturan terbaru ini, pemerintah mengizinkan anak-anak yang berusia 12 tahun ke bawah masuk mal atau pusat perbelanjaan.

Namun, aturan tersebut hanya berlaku di empat daerah dengan syarat anak-anak harus didampingi orang tua saat masuk ke mal. Hal ini diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa-Bali.

Selanjutnya...

Sandiaga Uno: Tak Boleh Selfie di Tempat Wisata Tanpa Pakai Masker

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan pelaksanaan uji coba pembukaan 20 tempat wisata selama PPKM Level 3 dan 2, pekan lalu, menunjukkan hasil positif karena sudah menerapkan standar CHSE dan aplikasi PeduliLindungi dengan baik. Namun, ia menyoroti masih ditemukan titik lemah dalam penerapan protokol kesehatan, salah satunya perilaku selfie.

"Apalagi pas lagi foto, pas lagi selfie, wisatawan itu suka copot masker, padahal kita bilang enggak boleh," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin, 20 September 2021. Ia meminta semua wisatawan semakin disiplin dalam memakai masker sekalipun berada di lokasi wisata terbuka.

Selanjutnya...

Tolak Divaksin, Presiden Brasil Jair Bolsonaro Harus Makan Malam di Trotoar Jalan New York

Potret Presiden Brasil Jair Bolsonaro beserta rombongan makan pizza di trotoar jalan Kota New York, Amerika Serikat, menjelang Sidang Umum PBB ke-76 menarik perhatian. "Makan malam mewah di New York," kicau Menteri Sekretariat Brasil Luiz Eduardo Ramos di akun Twitter pribadinya, Senin, 20 September 2021.

Kejadian ini bukan karena gestur rendah hati, namun terkait status vaksinasi Presiden Bolsonaro. Ia, yang menolak divaksin COVID-19, tidak memenuhi syarat makan di dalam ruangan di restoran-restoran New York, lapor SCMP, Selasa (21/9/2021).

Selanjutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Aturan Pembatasan PPKM Darurat Jawa Bali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.