Sukses

5 Cara Mudah Hilangkan Komedo Bagi Kaum Pria

Berikut cara mudah membersihkan komedo.

Liputan6.com, Jakarta Kaum pria terkadang menyepelekan kebersihan wajah. Hal itu bisa mengakibatkan jerawat dan menumpuknya komedo. Masalah itu bisa dialami berbagai usia, baik muda dan dewasa.

Perlu diketahui, jenis-jenis komedo ada banyak, tetapi penyebab komedo paling utama tetap produksi minyak berlebih, penumpukan sel kulit mati, dan pola makan.

Komedo bisa muncul di seluruh tubuh seperti hidung, leher, wajah, lengan, dada, bahu, dan punggung. Bentuknya bintik kecil, mirip benjolan yang samar, dan tak terlihat bila tidak diamati betul. Komedo tidak bisa hilang dengan sendirinya, kotoran ini perlu dibersihkan.

Berikut cara mudah membersihkan komedo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rajin mencuci muka

Hal mudah yang bisa dilakukan adalah rajinlah mencuci muka. Pastikan rutin mencuci muka di pagi hari untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin menempel semalaman. Kamu juga harus rajin cuci muka setelah beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, mencuci muka sebelum tidur juga sangat penting dilakukan, hal ini guna membersihkan kotoran di wajah setelah beraktivitas.

 

3 dari 5 halaman

Putih Telur

Cara menghilangkan komedo secara alami yang lainnya yaitu menggunakan masker putih telur. Putih telur dapat menarik minyak dari pori-pori sambil mengencangkan kulit. Masker putih telur dengan sedikit lemon akan membantu menghilangkan komedo, sementara protein dalam putih telur membantu menyembuhkan dan menyehatkan kulit.

Selain dengan campuran lemon, Anda juga bisa menggunakan campuran putih telur dan madu sebagai peel-off mask. Campur kedua bahan hingga rata dalam mangkuk. Oleskan lapisan tebal di dagu dan hidung. Biarkan sampai kulit mulai mengencang. Bilas dengan air hangat. Lakukan setidaknya satu kali seminggu.

 

4 dari 5 halaman

Lidah Buaya

Bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan komedo adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat pembersih kulit yang sangat baik yang membantu menghilangkan komedo. Lidah buaya juga mengandung zinc yang membantu mengencangkan pori-pori dan saponin yang membersihkan kulit. Semua sifat ini dapat membantu mencegah komedo. Caranya Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area yang rawan komedo. Biarkan semalaman dan bilas dengan air saat bangun.

 

5 dari 5 halaman

Tomat

Bahan alami yang ampuh untuk menhilangkan komedo adalah tomat. Tomat kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh. Tomat berperan sebagai antiseptik alami, astringent, dan antioksidan. Sifat asamnya bagus untuk mengusir komedo. Kupas dan haluskan satu buah tomat. Oleskan bubur tomat ke dagu dan hidung, tunggu sampai mengering. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

Itu tadi cara menghilangkan komedo secara alami yang aman dan ampuh, sebelum menggunakan bahan-bahan tersebut pastikan semua bahan, alat hingga tangan kita higienis. Hal ini dilakukan, agar semua langkah yang Anda praktikkan dapat hasil yang maksimal.

Masker Komedo

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk menggunakan bahan-bahan tersebut, kamu bisa menggunakan masker komedo. Kamu bisa memilih masker komedo dengan kandungan activated charcoal pada produk skin care, adalah karbon yang berasal dari bambu, serbuk kayu, atau tempurung kelapa sawit tua dan telah melalui proses pengolahan untuk menambah daya serapnya.

Selain itu, pilih produk yang memiliki kandungan arang aktif bisa menarik berbagai bakteri, debu, dan polusi yang menempel di kulit karena mampu membuka pori-pori wajah. Dengan begitu, komedo bisa hilang dengan cepat. Wajah cerah dan bebas komedo. 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini