Sukses

Mahkota Lorde di Met Gala 2021 Disebut Mirip Siger Sunda

Keseluruhan penampilan Lorde di Met Gala 2021 dideskripsikan mengutamakan kenyamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Dari ujung kepala sampai kaki, tampilan sejumlah pesohor di karpet merah Met Gala 2021 tidak lepas dari lampu sorot atensi publik. Satu di antaranya yang tampak hadir adalah penyanyi berdarah Selandia Baru, Lorde.

Tampil tanpa bra dalam acara tahunan bergengsi itu, melansir Daily Mail, Jumat (17/9/2021), penyanyi 24 tahun itu mengenakan setelan rumit dari Bode. Padanannya menampilkan jaket cream berlapis permata dan rok panjang yang serasi.

Atasannya memperlihatkan sekilas lekuk tubuhnya karena disatukan dengan sepotong kecil aksen satin yang dihias. Dari waktu ke waktu, Lorde juga terlihat mengangkat roknya untuk menampilkan detail manik-manik nan menawan.

Kendati busana itu mengagumkan, mustahil untuk tidak memerhatikan mahkota yang dikenakan pelantun lagu Royals tersebut. Dalam unggahan Instagram Story, Kamis, 16 September 2021, akun "pengawas mode" Diet Prada pun secara khusus menyoroti aksesori tersebut.

Mereka berkomentar bahwa hiasan kepala itu justru mirip akesori pengantin Indonesia, memperlihatkan tiga foto mempelai wanita lengkap dengan hiasan kepala mereka, termasuk Siger Sunda. "Selintas mungkin hanya terlihat seperti pakaian yang terinspirasi dari Renaissance," tulis akun tersebut.

"Tapi sebenarnya itu sangat mirip dengan hiasan kepala pernikahan yang dipakai di seluruh Asia Tenggara, terutama Indonesia. Dalam konteks dengan pakaian lain, ini berisiko disalahartikan," imbuh mereka tentang hiasan kepala Lorde.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terinspirasi dari Kembang Api

Namun demikian, Daily Mail menyebut bahwa mahkota Lorde terinspirasi dari kembang api. Tampilannya pun senada dengan pilihan perhiasannya yang terdiri dari sepasang anting emas sederhana dan cincin serasi.

Memilih kenyamanan sebagai faktor utama, pemilik nama asli Ella Marija Lani Yelich-O'Connor ini mengenakan sepasang flat putih. Di bawah mahkotanya, rambut penyanyi itu dibiarkan tergerai alami.

Berbicara hiasan kepala yang dibilang mirip mahkota Lorde, mengutip Good News from Indonesia, siger Sunda adalah item berbahan dasar logam dilengkapi ornamen untuk digunakan pengantin wanita. Berat aksesori ini sekitar 1,5--2 kilogram (kg). 

3 dari 4 halaman

Tidak Hanya Lorde

Siger di kepala pengantin wanita bermakna harapan terhadap rasa hormat, kearifan, dan kebijaksanaan dalam pernikahan. Visualnya juga dilengkapi aksen kembang goyang yang dipasang menghadap ke depan dan belakang.

Artinya, istri akan selalu tampil cantik, baik dilihat dari depan maupun belakang. Hiasan kepala pengantin wanita ini juga dilengkapi rangkaian bunga melati yang memiliki makna kesucian dan kemurnian.

Lorde sendiri bukanlah satu-satunya selebritas yang diasosiasikan dengan Indonesia karena penampilannya di Met Gala 2021. Muhammad Justin Bieber, mengarah pada bintang pop Justin Bieber, sempat jadi trending topic di Twitter, beberapa hari lalu.

Ini disebabkan editan foto yang memperlihatkan Bieber mengenakan sarung dan kopiah, ditambah pakaian aslinya di acara itu, yakni inner putih dan oversized blazer. Atasan itu dinilai jadi pilihan busana yang umumnya dipakai pria Muslim di Indonesia untuk salat, selain baju koko. 

4 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.