Ingin Namai Anak Vladimir Putin, Orangtua di Swedia Terpaksa Gigit Jari

Oleh Komarudin pada 18 Sep 2021, 03:02 WIB
Diperbarui 18 Sep 2021, 03:02 WIB
Ilustrasi bayi
Perbesar
Ilustrasi bayi (Dok.Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Inspirasi bisa datang dari mana saja saat memilih nama bayi, mulai dari memberi nama anak dengan nama orang terkasih, selebritas, bahkan warna atau cuaca, hingga tokoh dunia. Namun, hal tersebut tak berlaku di Swedia.

Pasangan suami istri di Swedia telah diberitahu bahwa mereka tidak dapat menamai bayi laki-laki mereka yang baru lahir dengan nama Presiden Rusia, Vladimir Putin. Namun, pemerintah Swedia belum memberi tahu mereka mengapa nama tersebut ditolak, dilansir dari Mirror, Kamis, 16 September 2021.

Pasangan itu berasal dari kota Laholm di Swedia. Mereka telah mengajukan nama bayi tersebut untuk persetujuan karena semua nama yang dipilih untuk bayi yang baru lahir harus terlebih dahulu disetujui oleh otoritas pajak negara, Skatteverket. Hal ini disebabkan Undang-Undang Penamaan, pertama kali diundangkan pada 1982 dan diperbarui pada 2017, melansir dari laman Independent.

Di Swedia, nama depan tidak boleh menyinggung atau berisiko menyebabkan "ketidaknyamanan" atau masalah bagi orang tersebut. Nama depan yang menyerupai nama keluarga juga dilarang di negara ini.

Pasangan itu akhirnya ditolak oleh agen pajak. Namun, mereka tidak menjelaskan aturan mana yang dilanggar oleh nama yang disarankan.

Ini bukan pertama kalinya agen pajak Swedia menolak permintaan serupa untuk moniker unik. Nama-nama yang ditolak untuk disematkan sebagai nama anak, yaitu Ford, Allah, Pilzner, Michael Jackson, Token, dan Q.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Nama Vladimir

Ilustrasi susu bayi
Perbesar
Ilustrasi bayi (Dok.Unsplash/ Lucy Wolski)

Menurut database statistik di Swedia, ada 1.413 pria bernama Vladimir di negara itu. Namun, ada kurang dari dua bernama Putin, karena database tidak menunjukkan data spesifik di bawah dua karena alasan privasi.

Meski pasangan itu telah dilarang menamai anak mereka Vladimir Putin, mereka masih bisa mengajukan banding atas keputusan tersebut. Hal tersebut seperti yang telah dilakukan orangtua lain di masa lalu.

Pada 2017, orangtua dari seorang bayi perempuan berhasil membatalkan keputusan setelah agen pajak menolak nama Metallica. Sementara dalam kasus lain, orangtua menamai putra mereka dengan nama mesin pencari Google.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Nama Populer

Ilustrasi ibu dan bayi
Perbesar
Ilustrasi ibu dan bayi (Dok.Unsplash/Jonathan Borba)

Berapa orangtua suka mengambil cara unik saat memberi nama anak-anak mereka. Nama-nama bayi paling populer di Swedia mencakup beberapa moniker masih terbilang normal.

Pada 2019, Lucas, Liam, dan William adalah tiga nama teratas yang paling banyak dipilih untuk bayi laki-laki. Sementara, Alice, Olivia, dan Astrid adalah pilihan populer untuk anak perempuan.

Menurut Independent, orangtua sekarang harus membuat permintaan kedua untuk nama yang berbeda untuk putra mereka yang baru lahir. Menurut situs Routes North, panduan perjalanan untuk Skandinavia, yang menggunakan angka dari biro statistik resmi Swedia, 10 nama anak laki-laki paling populer di Swedia adalah Noah, William, Hugo, Lucas, Liam, Oscar, Oliver, Matteo, Elias, dan Adam.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya