Sukses

Cara Ikutan Kompetisi Mural Pantjoran PIK, Apresiasi Budaya Pecinan Melalui Seni

Ada delapan peserta kompetisi mural Pantjoran PIK yang akan masuk babak final.

Liputan6.com, Jakarta - Menggandeng Gardu House, Pantjoran Pantai Indah Kapuk (PIK) menyelenggarakan kompetisi mural. Pelaksanaannya merupakan wujud dukungan pada perkembangan seni mural dalam negeri, sekaligus apresiasi terhadap kebudayaan pecinan.

"Pantjoran PIK dengan beragam pilihan kuliner legendaris peranakan, disertai fasilitas, serta aktivitas menarik, didedikasikan bagi masyarakat untuk belajar budaya dan sejarah pecinan," kata CEO Hotels dan Malls Divisi 2 Agung Sedayu Group Natalie Kusumo dalam keterangannya, Rabu, 15 September 2021.

Dengan menampilkan budaya pecinan pada audiens lebih luas, dalam hal ini melalui seni mural, pihaknya berharap orang yang mengapresiasi kultur tersebut kian bertambah. Selain Gardu House sebagai komunitas grafiti dan seni jalanan terbesar di Asia Tenggara, kompetisi ini juga didukung para seniman mural Indonesia.

Ini termasuk Adi Dharma, Popomangun, dan Yopey. "Selain menjaring bakat-bakat baru, kegiatan ini adalah upaya kami merangkul lebih banyak seniman mural dan mendorong berkembangnya seni mural di Indonesia," tambah Natalie.

Cara ikutan kompetisi ini, yaitu peserta mengirimkan desain mural beserta lima foto mural atau grafiti terbaik yang pernah mereka buat melalui email garduhouse@gmail.com dengan tema mural Chinatown. "Peserta wajib mengunggah desain mereka di feed Instagram pribadi, mention @garduhouse @pantjoranpik, serta menambahkan hashtag #pantjoranpikmuralcompetition," imbuhnya.

Karya mural yang dikirimkan harus orisinal, belum pernah dipublikasi di mana pun, serta tidak mengandung SARA dan pornografi. Peserta kompetisi bisa berupa perorangan atau kelompok yang terdiri dari maksimal tiga orang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Total Hadiah Rp32 Juta

Selain itu, peserta kompetisi mural diperbolehkan mengirimkan desain sebanyak-banyaknya. Pihaknya menjelaskan, pengumpulan karya berlangsung dari 15 September sampai 15 November 2021.

Pengumuman delapan pemenang akan berlangsung pada 20 November 2021. Delapan pemenang ini nantinya diwajibkan mengikuti babak final dan menggambar langsung mural karya mereka di Pantjoran PIK pada 1--5 Desember 2021.

Alat-alat mural, seperti cat tembok, cat semprot, dan kuas pada babak final akan disediakan panitia. "Penilaian dilakukan tim juri dari Agung Sedayu Group dan Gardu House. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat," tegas pihaknya.

COO Retail dan Commersial Divisi 2 Agung Sedayu Group Sawitri Setiawan menyambung bahwa kompetisi mural ini berhadiah total Rp32 juta.

3 dari 4 halaman

Berkenalan dengan Pantjoran PIK

Berlokasi di Golf Island, Pantai Maju, Pantjoran PIK adalah destinasi kuliner yang dipadati tempat makan klasik dan energi lokal komunitas Tionghoa Indonesia untuk dinikmati semua orang. Tempat ini juga memiliki arsitektur menarik, serta mural tentang sejarah pecinan, dari aktivitas era dinasti Shang empat ribu tahun lalu, sampai kegiatan di pasar tradisional.

Pantjoran PIK pertama kali dibuka pada November 2020 dan berencana berekspansi dengan Pantjoran PIK extension yang akan dibuka Januari 2022. Pantjoran PIK 1 menyajikan berbagai pilihan kuliner legendaris seperti Wong Fukkie, Karilam, dan Es Kopi Takkie.

Sedangkan Pantjoran PIK 2 rencananya menghadirkan lebih dari 40 tenant, termasuk scissot curry rice, Din Tai Fung, Lamian Palace, Maison Weiner, Santon 68, dan Mandala. Konsep di ruang terbuka juga jadi alasan lain tempat ini menarik disambangi. 

4 dari 4 halaman

Infografis Titik Lengah Makan Bersama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.