Sukses

Tips dan Modal Buka Usaha Angkringan

Liputan6.com, Jakarta - Angkringan atau warung angkringan bisa menjadi pilihan untuk nongkrong sekaligus makan hemat. Makanan yang disajikan seperti nasi kucing/sego kucing, aneka sate, gorengan dan lainnya, harganya biasanya ramah dikantong.

Rasa makanannya pun umumnya enak sehingga jadi favorit banyak orang. Tak heran, kita makin sering menjumpai warung angkringan di berbagai kota di Indonesia. Hal ini membuat banyak orang penasaran berapa modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha angkringan.

Seorang pria yang membuka usaha angkringan pun membocorkan informasi ini di media sosial. Pria yang biasa disapa Ari ini mengungkapkan modal awal untuk membuka usaha angkringan lewat akun TikTok @gimmeurdaddy.

Dalam unggahan pada 11 September 2921 itu, Ari menuliskan yang pertama dipersiapakan adalah gerobak. Ia mengeluarkan Rp3 juta untuk gerobak karena menggunakan desain ala Jepang. Tapi kalau menggunakan gerobak angkringan dengan desain lebih umum, harganya bisa lebih murah, bisa hanya sekitar Rp2 juta.

Yang kedua adalah perabotan lengkap. Total uang yang dikeluarkan Ari untuk perabotan lengkap dengan kualitas bagus adalah Rp1,3 juta, sudah termasuk kompor dan gas. Menurut Ari, modal awal bisa ditekan dengan membeli perabotan dengan kualitas standar.

Selanjutnya adalah meja lesehan. Untuk keperluan makan di tempat, ia menyediakan beberapa meja lesehan dengan total harga Rp450 ribu. Keempat adalah bujet untuk sewa tempat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Total Modal Awal

Biaya tempat akan berbeda karena tergantung dari lokasinya. Ari mengeluarkan Rp750 ribu per bulan sudah termasuk air dan listrik. Lokasinya pun cukup strategis karena berada di pinggir jalan raya.

Terakhir adalah bahan makanan. Ia sempat bingung untuk menetapkan bujet bahan makanan. Namun, Ari memutuskan menyiapkan Rp500 ribu untuk bahan makanan.

Rinciannya, Rp300 ribu untuk sate-satean, gorengan, nasi kucing, dan bumbu. Sementara, Rp200 ribu untuk makanan beku dan minuman sachet. Total modal awal yang ia keluarkan di awal merintis usaha adalah sekitar Rp6 juta. Menurut Ari, modal tersebut bisa lebih banyak atau sedikit tergantung barang yang dibeli dan berbagai kebutuhan yang tadi disebutkannya. 

3 dari 4 halaman

Lokasi Angkringan

Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang modal membuka angkringan itu sudah dilihat lebih dari 1,5 juta kali dan sudah disukai lebih dari 160 ribu kali. Unggahan itu juga mendapat banyak komentar positif dari warganet.'

Ada juga yang pernah makan di warung angkringan miliknya.  "Enak lohh masakannyaaa...gw udah beli hehehe, btw gw sama suami pecinta angkringan jadi suka coba-coba beberapa angkringan," komentar seorang warganet.

"Rp750 ribu per bulan di daerah auri apalagi pinggir jalan mah worth it, murah itu mah," timpal warganet lainnya.  Dari komentar warganet diketahui nama warung milik Ari adalah Angkringanss.a, lokasinya di Jalan Radar Auri nomor 65 , Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

4 dari 4 halaman

Aturan di Tempat Makan, dari PSBB, sampai PPKM Level 3 - 4

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.