Sukses

Taman Nasional Alas Purwo Dibuka Kembali, Apa Persyaratan untuk Berkunjung?

Meski sudah siap dibuka kembali, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa menyambangi TN Alas Purwo.

Liputan6.com, Jakarta - Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level ini, sejumlah tempat wisata sudah mulai dibuka kembali. Salah satunya adalah Taman Nasional atau TN Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur.

Semua tempat wisata di TN Alas Purwo, kecuali wisata goa, akan dibuka kembali pada Senin, 13 September 2021. Infornasi itu diketahui dari unggahan di akun Instagram resmi Balai TN Alas Purwo, @btn_alaspurwo pada 9 September 2021.

Pembukaan kembali kawasan wisata TN Alas Purwo ini juga mengacu pada SE Balai TN Alas Purwo yang telah disebutkan sebelumnya. Dalam surat yang dikeluarkan pada Rabu, 8 September 2021, pembukaan kembali dilakukan dengan memerhatikan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covi-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Ada juga SE Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi Nomor 58/SE/STPC/2021 tentang PPKM Level 2 Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi. Meski sudah siap dibuka kembali, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa menyambangi TN Alas Purwo.

Dilansir dari unggahan akun Instagram @btn_alaspurwo, Minggu (12/9/2021), untuk syarat kunjungannya, selain wajib menunjukkan bukti vaksin Covid-19 minimal dosis pertama, wisatawan juga wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Para pengunjung juga harus mematuhi protokol kesehatan 5M.

Perhatikan pula pembatasan kuota kunjungan yakni 25 persen. Jika ingin berkunjung, jam operasional TN Alas Purwo masih sama dengan sebelum penutupan akibat PPKM Jawa-Bali, yaitu setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengunjung di bawah Usia 12 Tahun

Untuk penagunjung di bawah usia 12 tahun belum bisa berkunjung karena belum divaksin. Selain itu, pengunjung diingatkan untuk tidak memberi makan satwa dan membuang sampah pada tempatnya.

Di masa pandemi ini, TN Alas Purwo sudah beberapa kali mengalami penutupan sementara demo mencegah penularan Covid-19. Sebelumnya, penutupan sementara juga tertuang dalam Surat Edaran Balai Taman Nasional Alas Purwo.

Surat Edaran No. SE.05/T.38/TU-5/KSA.3.1/08/2021 tentang Perpanjanga Penutupan Kunjungan Wisata ke Kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Surat Edaran itu ditandatangani Kepala Balai Taman Nasional Alas Purwo, Nuryadi pada 10 Agustus 2021.

Surat tersebut menyampaikan penutupan terjadi karena kian meluasnya penyebaran Covid-19 dan perpanjangan PPKM Level 4 sampai 16 Agustus 2021. Penutupan sementara ternyata berlanjut sampai 12 September 2021 dan akan dibuka kembali pada 13 September 2021.

3 dari 4 halaman

Spot Wisata

Taman Nasional Alas Purwo memiliki sederet spot wisata yang sayang jika dilewatkan. Sebut saja Hutan Mangrove Bedul yang merupakan hutan bakau besar di Pulau Jawa.

Ada pula Savana Sadengan yang jadi rumah bagi beragam binatang liar di habitat aslinya. Binatang-binatang seperti rusa, banteng, babi hutan, hingga berbagai jenis burung.

TN Alas Purwo juga memiliki sederet pantai, termasuk Plengkung atau G-Land. Ini adalah salah satu pantai yang sangat digemari oleh pelancar dari seantero jagat. Terdapat pula Pantai Pancur yang berpasir putih. Nama pantai ini diambil berdasarkan keberadaan sebuah sungai yang airnya mengalir ke pantai yang membentuk sebuah pancuran.

Selanjutnya, Pantai Trianggulasi yang berpasir putih dan air lautnya sangat jernih. Tak ketinggalan, Pantai Ngagelan, lokasi tempat penyu bertelur pada malam hari.

4 dari 4 halaman

Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.