Sukses

Mengurangi Jumlah Sampah dengan Membawa Kotak Makan dari Rumah

Dengan menggunakan kotak makan yang dapat digunakan kembali, kita bisa mengurangi jumlah sampah.

Liputan6.com, Jakarta - Menyantap makanan buatan rumah merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghemat uang. Dibandingkan dengan membeli makanan di luar, mengonsumsi makanan buatan rumah tentunya jauh lebih hemat serta lebih terjamin keamanan dan kesehatannya.

Namun ternyata bukan itu saja manfaatnya.Ketika membeli makanan di luar, makanan biasanya dikemas dengan plastik dan wadah sekali pakai. Bayangkan banyaknya jumlah sampah plastik dan wadah sekali pakai yang semakin bertambah dan menumpuk terbengkalai setiap harinya!

Menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup, jumlah sampah tidak terkelola mencapai sebesar 43,53 persen atau 15 juta ton per tahun dari total timbulan sampah di Indonesia.

Sampah-sampah yang tidak terkelola ini berpotensi sebagai sumber gas metana penyebab efek rumah kaca yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global (global warming). Dampak buruk dari pemanasan global ialah penipisan lapisan ozon pada atmosfer bumi yang menyebabkan perubahan iklim, lalu terjadinya gagal panen hingga punahnya berbagai spesies.

Jika membawa makanan sendiri dari rumah, kita bisa menggunakan kotak makan yang dapat dicuci dan digunakan kembali setiap hari sehingga mengurangi jumlah sampah. Dengan melakukan perubahan kecil ini bersama-sama, kita bisa membantu melindungi lingkungan dan makhluk hidup lainnya di bumi.

LetYeah, salah satu anak brand dari PT Ananta Global Tech, menyediakan beragam produk perlengkapan rumah tangga dengan produk utama saat ini ialah kotak makan, botol minum, dan termos. Berdiri sejak 2021, LetYeah menawarkan produk-produknya dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan.Ivan selaku CEO LetYeah menjelaskan,

“Produk kotak makan kami terbuat dari bahan yang aman untuk makanan panas, bahkan juga bisa dimasukkan ke dalam microwave. Pada produk kotak makan dan botol minum, kami juga menggunakan segel karet yang mudah dilepas dan dipasang kembali saat dibersihkan,” terang Ivan selaku CEO LetYeah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mudah Dibawa

“Dengan adanya segel karet pada tutup wadah, kotak makan dan botol minum dapat ditutup dengan sangat rapat sehingga makanan berkuah di dalam kotak makan ataupun air di dalam botol minum tidak mudah tumpah,” tambahnya.

Selain kotak makan dan botol minum, LetYeah juga memiliki smart thermos yang mudah dibawa ketika sedang bepergian. Smart thermos ini adalah termos yang bisa menginfokan suhu air di dalamnya.

Dengan menggunakan termos ini, konsumen dapat mengetahui suhu air di dalam termos sehingga tidak terkejut saat mencicip suhu air yang masih terlalu panas. Produk-produk dari LetYeah dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp15.000-an saja.

Untuk melihat-lihat katalog produk dan mendapatkan informasi produk terbaru, kunjungi akun Instagram resmi LetYeah @letyeahofficial. Seluruh produk dari LetYeah bisa diperoleh di LetYeah Official Store melalui marketplace. Letyeahofficial akan memulai operasionalnya pada akhir September 2021.

3 dari 3 halaman

Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.