Sukses

Beraroma Tak Sedap, Makanan Ini Justru Sedap Disantap dan Kaya Manfaat

Di balik baunya yang tak sedap itu, beragam makanan ini mengandung banyak khasiat dan digilai para penggemar kuliner.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak makanan yang punya aroma menyengat dan menimbulkan bau tak sedap. Sekilas dipandang sebelah mata, tapi ternyata penggemar kuliner sejati begitu menyukai ini. Begitu diolah dengan baik hasilkan makanan yang sedap dan lezat sekaligus kaya manfaat.

Mudah ditemukan di sekitar kamu, berikut ini makanan yang punya bau tak sedap tapi rasanya sedap sekali begitu disantap.

1. Petai

Siapa yang tak kenal petai. Makanan dengan kulit dan isi berwarna hijau ini memiliki aroma yang kurap sedap, bahan bikin mulut jadi bau. Tapi tak ada yang menyangka rasa petai sungguh nikmat begitu dipertemukan dengan sambal ulek. 

Petai bisa digoreng atau dibakar dengan kulitnya. Atau bila sudah dikupas bisa ditumis dengan lauk lainnya seperti tahu dan tempe. Selain membuat masakan menjadi lebih lezat, ternyata petai memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti diabetes dan infeksi saluran kemih.

2. Jengkol

Begitu mendengar kata jengkol, kamu pasti langsung teringat akan baunya yang khas. Bau jengkol dapat bertahan lama tidak hanya di mulut, tapi juga ketika buang air kecil.

Meskipun demikian, ternyata tak sedikit yang menjadikan buah berkulit cokelat ini sebagai santapan favorit. Jengkol goreng, jengkol balado hingga semur jengkol.

Di balik bau yang menyengat, manfaat jengkol untuk kesehatan tidak main-main. Mulai dari menangkal radikal bebas, mencegah anemia hingga mengontrol kadar gula dan membantu kerja jantung.

3. Daun Sembukan

Daun sembukan sendiri beraroma busuk atau tak sedap, bahkan banyak orang menyebutnya sebagai tanaman kentut. Meski begitu, daun ini mampu membuat makanan lebih lezat.

Selain itu,  jenis tanaman ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Daun sembukan kaya akan serat yang mampu melancarkan pencernaan. Daun ini juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berperan melawan virus dan bakteri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Tak Sedap

4. Ikan Asin

Ikan asin terkenal dengan baunya kurang sedap. Tetapi kalau sudah dimasak, dicampur dengan sambal, penggemar kuliner sejati pasti tidak bisa menolaknya. Ikan asin dapat dibuat dari aneka jenis ikan, seperti gabus, peda, dan tenggiri. Proses pengawetannya pun dibuat dengan menggunakan garam.

Meski sering dianggap sebagai makanan yang sederhana, nyatanya ikan asin punya banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Mulai dari energi, 

protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1.  Namun, kamu dianjurkan agar tidak terlalu sering dan tidak berlebihan bila mengonsumsi ikan asin. Karena ikan asin mengandung garam yang tinggi.

5. Durian

Buah berduri dan beraroma menyengat terkenal dengan baunya yang khas. Bagi pecinta buah-buah, durian dikenal sebagai raja buah, tapi tidak bagi yang tak tahan dengan baunya. Ada durian medan, durian monthong, ada rasa manis legit, dan sedikit pahit.

Selama dikonsumsi dalam porsi tidak berlebihan, kamu akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan pencernaan, penuaan dini, mencegah nyeri sendi dan meningkatkan daya tahan tubuh hingga mengatasi insomnia.

Itulah sekilas deretan makanan yang dikenal memiliki bau tak sedap tapi nikmat. Temukan berbagai makanan tersebut di ManisdanSedap.com ya. Selain menampilkan produk kuliner, ManisdanSedap.com mengusung fitur tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, yang memudahkan pembeli berinteraksi dengan seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform.

Menawarkan banyak kuliner, yuk pejuang PO gabung ke ManisdanSedap.com!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.