Siapa Sangka Makanan Ini Ternyata Bisa Memicu Bau Badan

Oleh Gilar Ramdhani pada 13 Okt 2021, 11:40 WIB
Diperbarui 13 Okt 2021, 11:40 WIB
Ilustrasi Kubis
Perbesar
Ilustrasi kubis. (dok. Pixabay.com/ulleo)

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu yang selama ini mengalami masalah dengan bau badan, tak cukup hanya dengan menjaga kebersihan tubuh dan menekan produksi keringat penyebab bau badan. Tetapi kamu juga perlu membatasi konsumsi makanan penyebab bau badan.

Menurut penelitian, ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu munculnya bau badan. Hampir semua makanan ini mengandung zat yang memicu timbulnya keringat berlebih.

Seperti diketahui, umumnya keringat tidak ada baunya, namun saat keringat tersebut menyentuh kulit kita dan bertemu dengan bakteri yang ada di kulit, saat itulah yang menyebabkan timbulnya bau badan.

1. Makanan Bersulfur

Makanan yang mengandung sulfur seperti brokoli, kubis, dan kol dapat memengaruhi bau badan seseorang. Pasalnya zat sulfur yang ada di dalam makanan tersebut akan diserap oleh tubuh kemudian menyebabkan peningkatan jumlah keringat dan memengaruhi aroma keringat maupun nafas kamu.

2. Bawang

Bawang putih dan bawang merah kaya akan senyawa belerang yang menyebabkan bau tajam. Saat diserap ke dalam aliran darah, senyawa ini akan kembali keluar melalui keringat, sehingga menjadi salah satu makanan penyebab bau badan. Selain itu, juga dapat membuat nafas bau.

Hindari Makanan Junk Food
Perbesar
Ilustrasi Makanan Junk Food Credit: pexels.com/pixabay
Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Junk Food

Diketahui kandungan lemak dalam junk food membuat pencernaan bekerja keras, karena itulah junk food menjadi salah satu makanan penyebab bau badan. Selain itu, bahan-bahan di dalam junk food juga tidak memiliki molekul penting klorofil, yang bisa membantu mengusir bau busuk dari tubuh.

4. Daging Merah

Dalam seporsi besar daging merah yang sulit dicerna oleh tubuh dapat menyisakan residu. Residu yang dilepaskan bersama keringat ini, saat bercampur dengan bakteri di kulit dapat menajamkan bau badan. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Chemical Sense, menyebutkan bahwa pria yang mengonsumsi banyak daging merah secara terus-terusan dalam waktu dua minggu, memiliki bau badan yang tak sedap. Walaupun begitu, belum diketahui berapa banyak jumlah daging merah yang dikonsumsi.

5. Ikan

Dikutip dari KlikDokter, ikan bisa menjadi pemicu munculnya bau badan. Pada beberapa kasus, ada hubungan antara gen, diet, dan bau badan. Hal ini terjadi pada orang-orang yang menderita penyakit genetis yang dinamakan Trimethylaminuria. Seseorang yang menderita penyakit ini akan menimbulkan bau badan yang menyengat setelah mengonsumsi makanan seperti ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Makanan pedas

Menghindari Makanan Berlemak dan Pedas
Perbesar
Ilustrasi Bubuk Cabe Credit: pexels.com/Jim

Bagi kamu yang bermasalah dengan bau badan, perlu tahu bahwa berbagai makanan pedas bisa memicu munculnya bau badan. Makanan pedas memiliki kandungan kimia yang dapat masuk ke pembuluh darah, dan kemudian memengaruhi napas dan keringat. Apalagi biasanya setelah mengonsumsi makanan pedas, tubuh kamu akan berkeringat.

Selain enam makanan di atas, kamu juga perlu menghindari konsumsi alkohol karena bisa memicu munculnya bau badan. Ketika kamu mengonsumsi alkohol, minuman ini akan terserap oleh tubuh dan dicerna menjadi asam asetik, yang kemudian dilepaskan melalui pori-pori kulit. Setelah seseorang mengonsumsi alkohol, baunya masih tersisa, walaupun sudah mandi. Semakin banyak kamu meminumnya, akan semakin menyengat juga bau badan kamu.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya