Sukses

Para Kawula Muda, Ketahui 3 Cara Minimalkan Masalah Kerutan di Kening

Bukan rahasia lagi, air putih adalah jurus jitu untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit mengingat 60% tubuh Anda terdiri atas air.

Liputan6.com, Jakarta Kerutan dan keriput yang muncul di dahi atau kening seseorang tak hanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut dan 50 tahun ke atas, tetapi juga bisa dialami oleh orang-orang yang berusia muda. Selain usia dan genetik, beberapa faktor umum yang bisa meningkatkan munculnya kerutan adalah paparan sinar matahari, gaya hidup tidak sehat, hingga kebiasaan mengernyitkan dahi.

Mereka yang sudah berusia tua, kebanyakan tak ambil pusing dengan munculnya banyak kerutan karena memang sesuatu hal yang alami. Namun, bagi anak-anak muda, kerutan bisa menjadi masalah karena membuat penampilan kurang menarik, dianggap lebih tua dari usianya dan menurunkan rasa percaya diri.

Membahas soal kerutan di kening, tentu tak ada yang mau mengalaminya di usia yang masih muda. Karena itu, jagalah kesehatan tubuh kamu dengan melakukan pola hidup sehat secara konsisten dan melakukan beberapa anjuran di bawah ini.

1. Memakai tabir surya

dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter menyebutkan kalau sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari adalah salah satu faktor risiko munculnya kerutan lebih dini.

“Sinar ini dapat merusak struktur kolagen dan menurunkan kekenyalan kulit,” kata dr. Dyan.

Jadi, sebisa mungkin hindari beraktivitas di luar ruangan ketika sinar matahari sudah sangat terik. Selain itu, selalu oleskan krim tabir surya sebelum kamu mulai berkegiatan, baik di luar ruangan maupun kegiatan dalam ruangan yang banyak mendapatkan cahaya matahari.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Cukup minum air putih

Bukan rahasia lagi, air putih adalah jurus jitu untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit mengingat 60% tubuh kamu terdiri atas air. Bila asupan air tidak mencukupi, tubuh akan mengambil cadangan air di jaringan, termasuk di kulit. Akibatnya, kulit akan menjadi kusam dan keriput.

“Bawa sebotol air putih ke mana pun kamu pergi. Pastikan minum setidaknya 2 liter air setiap harinya,” kata dr. Dyan.

3. Banyak makan sayur dan buah

Vitamin A, C, dan E, memegang kunci penting dalam menjaga cerah, lembap, dan kenyalnya kulit. Ketiga vitamin tersebut juga dapat menangkal kerusakan dan proses penuaan pada kulit. Pastikan kamu mendapat vitamin yang cukup dari sayur dan buah-buahan.

Untuk sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi misalnya brokoli,yang memiliki kandungan anti inflamasi dan antipenuaan yang sangat besar. Lalu, sayur bayam yang kaya kandungan antioksidan seperti vitamin A, C, E, dan K, dan zat besi serta magnesium pada bayam dapat membantu memperlambat proses penuaan dini dan membuat kulit tampak lebih muda.

 

Selain itu, ada juga kacang almond yang mengandung vitamin E dan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Lemak sehat yang ada pada kacang almond juga dapat menstabilkan kolesterol dan membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

Buah-buahan yang berwarna jingga-merah, seperti jeruk dan pepaya juga baik rutin dikonsumsi karena kaya akan Vitamin A, C, dan E. Selain itu, ada buah alpukat yang memiliki kandungan nutrisi esensial yang dapat membantu efek negatif penuaan. Karotenoid dalam alpukat sangat baik dalam menjaga tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak kulit, seperti sinar UV dan polusi.

Kerutan di kening dan bagian tubuh lainnya dapat dicegah dan diminimalkan dengan gaya hidup sehat. Selain mengikuti tiga tips tersebut, kamu juga harus istirahat yang cukup serta rajin olahraga.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.