Sukses

Ingin Punya Berat Badan Ideal, Hindari 7 Kebiasaan Penyebab Gemuk Ini

Ada kebiasaan-kebiasaan yang membuat seseorang mudah sekali menambah berat badan dan akhirnya menjadi gemuk.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki berat badan ideal menjadi keinginan setiap orang, terutama para wanita. Namun menurunkan berat badan yang sudah terlanjur tinggi bukan perkara mudah. Dibutuhkan komitmen kuat untuk rajin berolahraga dan melakukan program diet.

Sebenarnya banyak faktor yang melatarbelakangi kenaikan berat badan. Selain masalah genetik, jarang berolahraga dan nafsu makan yang tinggi, ada kebiasaan-kebiasaan yang membuat seseorang mudah sekali menambah berat badan dan akhirnya menjadi gemuk.

Berikut adalah kebiasaan yang membuat kamu bertambah gemuk seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Buruknya persiapan makan

Banyak orang tidak mempersiapkan dengan baik saat hendak makan. Mereka makan apa yang diinginkan dan tidak memperhatikan komposisi makanan yang bagus untuk tubuh.

2. Kurang minum air putih

Konsumsi air putih yang cukup membantu menjaga kesehatan kulit, tulang, saluran pencernaan dan fungsi otak. Ada hubungan langsung antara hidrasi dengan penurunan berat badan.

Jurnal American Chemical Society menemukan bahwa bila seseorang mengkonsumsi 2 gelas air putih setiap harinya sebelum makan dapat mengurangi berat badan sebanyak 1,5 – 2 kg. Maka dari itu, kamu disarankan untuk minum air putih 2 liter per hari. Namun, jumlah konsumsi air putih bisa berbeda-beda, tergantung usia dan kondisi kesehatan.

3. Minum berkalori tinggi

Kurang minum air putih dan malah mengonsumsi minuman berkalori tinggi atau mengandung gula yang tinggi sangat tidak disarankan. Badan kesehatan dunia, WHO menegaskan rekomendasi kebutuhan tubuh akan gula adalah 5% dari total asupan kebutuhan kalorinya. Misalnya, kebutuhan kalori tubuh adalah 2000 kalori, maka kebutuhan gulanya adalah 25,8 gram per hari.

4. Konsumsi protein dengan rendah lemak

Konsumsi karbohidrat yang terlalu tinggi membuat seseorang sulit untuk mengurangi berat badan. Maka dari itu, disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein dengan lemak yang rendah seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa emak, telur dan kacang-kacangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebiasaan Selanjutnya

5. Melewatkan sarapan

Sarapan sangat penting bagi tubuh untuk dapat memulai metabolisme secara cepat yang mempengaruhi proses pembakaran kalori secara lebih baik.

Penelitian mengungkap, orang yang rutin sarapan dengan menu sehat sebesar 600 kalori cenderung tidak cepat lapar sepanjang hari. Menu sarapan yang direkomendasikan terdiri dari protein tanpa lemak, karbohidrat dan sedikit makanan manis.

6. Kurang tidur

Mengutip dari Women’s Health, kurang tidur di malam hari dapat membuat berat badan naik. Hal itu terjadi karena peningkatan hormon kortisol dalam tubuh yang dapat merangsang nafsu makan menjadi lebih tinggi.

7. Tidur berlebihan

Tak hanya kurang tidur, terlalu banyak tidur pun dapat membuat berat badan naik. Sebuah studi di jurnal PLOS One menemukan bahwa tidur berlebihan, hingga lebih dari 10 jam, dapat meningkatkan risiko obesitas. Sehingga, lama tidur saat malam hari yang direkomendasikan adalah secukupnya saja, yaitu tujuh hingga sembilan jam.

Jika kamu tidak ingin berat badan terus bertambah, sebaiknya hindari tujuh kebiasaan di atas dan lakukan hal sebaliknya. Yuk, terapkan gaya hidup sehat untuk miliki berat badan ideal dan sehat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini