Sukses

Bandara Sentani Bersolek Jelang PON XX Papua 2021

Angkasa Pura Airports meningkatkan fasilitas Bandara Sentani menyambut gelaran PON XX Papua 2021 pada 2--15 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021 segera terlaksana 2--15 Oktober 2021. Menjelang ajang olahraga akbar ini, Bandara Sentani turut bersolek dengan beberapa sentuhan berbeda.

Berdasarkan keterangan yang dibagikan di Instagram resmi @ap_airports, Angkasa Pura Airports turut mendukung PON XX Papua 2021 dengan menjalankan pengembangan infrastruktur sisi udara (airside). Dukungan juga diwujudkan dengan beautifikasi terminal Bandara Sentani Jayapura.

Upaya ini untuk menyuguhkan nuansa dan ambience PON XX Papua 2021 di Bandara Sentani. Pengembangan fasilitas yang dilakukan, yakni pelapisan landas pacu (tapering) untuk meningkatkan kekuatan landas pacu.

Hal tersebut bertujuan agar pesawat Boeing B737-800NG dan Boeing B737-900ER dapat mendarat mulus. Pengembangan lainnya mulai dari perbaikan apron, perbaikan taxiway, hingga signage di sisi udara.

Untuk beautifikasi terminal dilakukan dengan mengatur ulang tata letak area komersial dan merenovasi interior dengan mengadopsi kearifan lokal batik dan motif ukir khas Sentani. Tak ketinggalan dekorasi nuansa PON XX Papua 2021 guna menyambut para atlet dan kontingen peserta PON XX dari berbagai daerah di Indonesia.

Publikasi sekaligus branding PON XX Papua 2021 turut hadir di lima bandara. Booth ajang olahraga ini ada di Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kualanamu, Bandara Sentani, Bandara Sultan Hasanuddin, dan Bandara Ngurah Rai.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Maskot PON XX Papua 2021

Ajang olahraga tak lengkap rasanya jika tanpa kehadiran maskot. Begitu pula PON XX Papua 2021 yang memiliki maskot dari dua hewan khas Papua, Kangpho dan Drawa.

Dilansir dari kominfo.go.id, Jumat (10/9/2021), Kangpho kepanjangan dari kanguru pohon yang populer sebagai satwa khas Australia, juga ada di Papua. Kangpho adalah jenis kanguru pohon dan satu di antaranya yang terkenal adalah kanguru pohon mantel emas yang bernama latin Dendrolagus Pulcherrimus.

Hewan yang memakan buah dan biji-bijian ini adalah satwa marsupial atau mamalia yang berkantung di perutnya. Bagian pipi, leher, dan kakinya dihiasi warna kuning keemasan, sehingga hewan ini dijulukan mantel emas.

Pemerintah Provinsi Papua turut memperkenalkan Drawa atau Burung Cenderawasih dalam peluncuran maskot PON XX di Jayapura. Drawa dalam bahasa ilmiahnya disebut Paradisaea raggiana adalah jenis burung pengicau berukuran sedang dengan panjang 34 cm.

3 dari 4 halaman

Maskot PON XX Papua 2021

Drawa merupakan burung jantang dewasa yang memiliki hiasan didominasi warna merah, jingga dan warna campuran antara merah dan jingga pada bagian sisi perutnya. Sedangkan, bulu bagian dada berwarna cokelat tua.

Ekor Drawa terdapat dua buah tali yang panjang berwarna hitam. Drawa dan Kangpho dilengkapi dengan rumbai dari kulit kayu atau akar pohon untuk menutupi bagian pinggang ke bawah yang dilengkapi hiasan ukiran Papua pada pinggangnya.

Kangpho dan Drawa mengenakan ikat kepala khas Papua yang berbentuk rumbai dan kerucut menyerupai gambaran pegunungan tengah Papua yang dikelilingi oleh gunung. "Rumbai pada pinggang Drawa dan Kangpho biasa digunakan oleh perempuan dan laki-laki yang melambangkan sambutan hangat dan penuh keakraban di tanah Papua," kata Gubernur Papua, Lukas Enembe.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.